LoraWAN pada Water Meter

LoraWAN adalah protocol yang memberikan fasilitas pada perangkat perangkat IOT Untuk saling berkomunikasi menggunakan Lora. Lora sendiri adalah suatu sistem komunikasi nirkabel jarak jauh dengan daya rendah. LoraWAN bersifat open source yang didukung oleh LoRa Alliance yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan seperti IBM, Semtech, Actility, dll.

Lora Water Meter
Lora Water Meter

Pada prosesnya Lora merubah gelombang periodik tertentu sehingga menghasilkan sinyal/gelombang yang mengangkut informasi. Gelombang yang dikirim secara berulang ulang mengalami perubahan-perubahan yang disebut modulasi. Modulasi yang dihasilkan Lora menggunakan modulasi FM.

LoRaWAN menggunakan topologi ‘star to star’ yang memungkinkan device dapat bekerja menggunakan baterai dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan topologi mesh network pada umumnya. Pada arsitektur LoRaWAN, device tidak terasosiasi dengan gateway tertentu, nantinya data dari device akan di terima oleh beberapa gateway dalam jangkauan jaringan LoRa. Setiap gateway akan meneruskan paket yang diterima dari device ke network server yang ada di cloud melalui backhaul seperti ethernet, wifi, satelit ataupun seluler.

Pemrosesan dilakukan di level network server yang mengatur jaringan, memfilter paket yang di terima, security check, penjadwalan ACK (acknowledments), dan mengatur adaptive data rate (ADR). Ketika device bergerak tidak diperlukan handover antar gateway, ini merupakan fiur utama untuk menjamin aplikasi LoRaWAN seperti asset tracking yang memang menjadi salah satu target utama vertikal IoT LoRaWAN.

Lorawan ini sangat berguna untuk pengembanag smart city.Dengan LoRa maka sensor-sensor akan mudah dihubungkan dengan manusia atau mesin dimana saja. Smart city tidak hanya berbicara mengenai akses broadband dengan internet berkecepatan tinggi saja. Perangkat sensor maupun aktuator berdaya dan berkecepatan rendah namun sangat portable dan murah serta dapat dipasang dimanapun dengan daya tahan batere sangat lama.

Salah satu aplikasi Lorawan adalah pada sensor ultrasonic flow meter yang digunakan untuk mengirimkan status dan mengontrol pemakaian air pada perumahan, hotel dsb.

Baca Juga : Bmeters RFM-LR1 Lorawan Radio Module

Share
%d bloggers like this: