Flow Meter Gas Alam

Flow Meter Gas Alam

Pengertian Flow Meter Gas Alam (Gas Turbine Meter)

Flow Meter Gas Alam (Gas Turbine Meter) dianggap sebagai salah satu teknologi pengukur aliran tradisional utama, sebagai jenis tekanan diferensial dan pengukur perpindahan positif. Mereka merupakan perangkat favorit yang digunakan untuk mengukur aliran gas, terutama untuk aliran fluida dengan viskositas rendah yang bersih, sedang hingga tinggi. Turbin meter mengukur aliran volumetrik berdasarkan fluida yang mengalir melewati rotor yang berputar bebas, dengan setiap putaran sesuai dengan volume fluida tertentu. Turbin meter digunakan untuk pengukuran cairan serta aliran gas alam.

Prinsip Turbine Flow Meter

Pengoperasian turbin meter didasarkan pada pengukuran kecepatan gas. Gas yang mengalir dipercepat dan dikondisikan oleh bagian pelurusan meteran. Baling-baling pelurus terintegrasi menyiapkan profil aliran gas dengan menghilangkan pusaran dan asimetri yang tidak diinginkan sebelum gas mengalir di atas roda turbin yang berputar bebas. Gaya dinamis dari gas yang mengalir menyebabkan rotor berputar. Roda turbin dipasang pada poros utama, dengan bantalan bola gesekan rendah presisi tinggi. Roda turbin memiliki bilah heliks yang memiliki sudut yang diketahui relatif terhadap aliran gas. Aliran gas menggerakkan roda turbin pada kecepatan sudut, yang, dalam rentang linier meter yang dirancang dengan baik, sebanding dengan kecepatan gas. Menggunakan mekanisme roda gigi, roda turbin yang berputar menggerakkan penghitung mekanis.

Tambahan, pisau berputar juga dapat digunakan untuk menghasilkan pulsa melalui sensor jarak. Setiap pulsa yang terdeteksi setara dengan volume gas diskrit pada kondisi aktual (yaitu, jumlah total pulsa yang dikumpulkan dalam periode waktu tertentu mewakili volume kotor yang diamati selama periode tersebut). Untuk setiap meter, karakteristik kalibrasi (faktor K ) diperlukan. Faktor ini dinyatakan dalam pulsa per volume dan diberikan oleh pabrikan.

The K Faktor ditentukan dengan cara kalibrasi aliran. Kalibrasi aliran ini harus dilakukan pada seluruh rentang operasi meter karena faktor K dapat bervariasi dengan aliran. Variasi dengan aliran ini adalah linearitas meter turbin. Setelah faktor K ditentukan, aliran melalui meteran dapat dihitung karena kedua besaran tersebut sebanding.

Ikhtisar Turbine Flow Meter

Dasar Turbine Flow Meter, terdiri dari :

  • Rumah meteran yang mengandung tekanan dengan flensa ujung
  • Satu set internal, menggabungkan roda turbin dan mekanisme roda gigi
  • Alat untuk menghitung putaran roda turbin

Pengukur turbin tipikal memiliki komponen tambahan seperti:

  • Perangkat pengkondisi aliran
  • Mekanisme pelumasan bantalan
  • Sistem penghitung mekanik dan listrik yang canggih

Ukuran Turbine Flow Meter

Ukuran meteran turbin gas bervariasi dari satu pabrikan ke pabrikan berikutnya; namun, variabel yang harus dipertimbangkan adalah konsisten. Pengukur turbin gas adalah pengukur kecepatan, dan batas kecepatan atas pada dasarnya tidak berubah oleh tekanan. Dengan demikian, meteran turbin ukuran tertentu akan memiliki batas laju aliran atas yang tidak dikoreksi terkait. Rentang pengukuran dipengaruhi pada ujung bawah oleh jumlah aliran massa melalui meteran. Dengan demikian, jangkauan meter turbin ditingkatkan dengan meningkatkan tekanan saluran. Misalnya, 3-in. meteran turbin gas mungkin memiliki kisaran 30:1 pada 200 psi tetapi lebih dari 60:1 pada 500 psi.

Keuntungan Gas Turbine Flow Meter

Turbine Flow Meter memiliki keunggulan biaya dibandingkan opsi pengukuran aliran gas alam lainnya, terutama yang enggan berinvestasi dalam teknologi baru. Mereka juga jauh lebih murah, terutama dalam ukuran pipa besar daripada meteran ultrasonik dan meteran Coriolis. Ada keuntungan biaya tambahan dibandingkan meter Differential Pressure, terutama dalam aplikasi di mana turbine flow meter tunggal dapat menggantikan beberapa meter Differential Pressure. Gas Turbine Flow Meter ini memiliki turndown tinggi dan akurasi pada aliran menengah ke tinggi dan jangkauan menengah pada tekanan tinggi. Output elektronik juga tersedia. Selain itu, penghitung aliran alami ini memiliki penerimaan industri yang wajar.

Kekurangan Gas Turbine Flow Meter

Tentu saja, turbine flow meter memiliki bagian yang bergerak, yang selalu menjadi batasan, dan pengguna perlu mempertimbangkan kebersihan gas. Beberapa produsen turbine flow meter telah meningkatkan komponen internal untuk meminimalkan masalah ini, tetapi memiliki bagian yang bergerak masih merupakan kerugian. Perbaikan lain oleh produsen termasuk penurunan penurunan tekanan, aliran dua arah, dan pelumasan sendiri. Pengukur membutuhkan kalibrasi aliran laboratorium awal dan kehilangan tekanan yang relatif tinggi. Ada juga kemungkinan kerusakan karena terlalu mempercepat meteran.

Share
%d bloggers like this: