flowma electromagnetic flow meter

Flow Meter

Flow meter merupakan instrumen guna mengukur aliran suatu fluida liquid, sludge maupun gas, baik  bertemperatur rendah hingga temperatur tinggi. Dalam memilih jenis flowmeter harus disesuaikan dengan kondisi fluid dan fungsi flowmeter itu sendiri.

Ultrasonic flow meter clamp on wuf 100CF
Ultrasonic Flowmasonic WUF 100 CF

Karakteristik dari fluida yang diukur olehn flow meter luas sekali mulai dari tingkat corosive fluida dimana untuk fluida yang tingkat keasamannya tinggi mungkin lebih cocok jika digunakan jenis flowmeter bahan dari PVC / non logam.

Aplikasi Flow Meter

Flow Meter adalah pengukuran pergerakan fluida curah. Arus dapat diukur dengan berbagai cara. Jenis umum dari pengukur aliran dengan aplikasi industri tercantum di bawah ini:

  • Variable area flowmeter
  • Turbine flow meter
  • Electromagnetic
  • PD flow meter
  • Vortex flowmeter
  • Anemometer
  • Ultrasonic
  • Coriolis mass flow meter.

Metode pengukuran aliran selain flow meter jenis perpindahan positif bergantung pada gaya yang dihasilkan oleh aliran yang mengalir saat aliran tersebut mengatasi penyempitan yang diketahui, untuk menghitung aliran secara tidak langsung. Aliran dapat diukur dengan mengukur kecepatan fluida di area yang diketahui. Untuk aliran yang sangat besar, metode pelacak dapat digunakan untuk menyimpulkan laju aliran dari perubahan konsentrasi zat warna atau radioisotop.

flowma electromagnetic flow meter
flowma wmag21

Untuk fluida yang temperaturnya tinggi tentunya digunakan matrial lain. Begitu juga untuk tingkat kepekatan matrial fluida jenis flowmeter harus disesuaikan. Untuk fluida yang diaplikasikan pada bahan makanan atau obat-obatan yang menuntut pipa  yang harus food grade lebih cocok kalo dipakai stainles steel SUS 316L.

Untuk lingkungan yang korosif seperti di laut, body dan flange flow meter materialnya lebih pas menggunakan stainless steel atau non metal. Karena dibutuhkan ketelitian dan pemahaman akan karakteristik fluid serta manfaat, fungsi Info selanjutnya

Baca Artikel Terkait :

  1. Jenis Differential Pressure
  2. Flow Meter Untuk Diesel
  3. Prinsip Kerja Electromagnetic
  4. Fungsi Flow Meter
  5. Cara Kerja Flow Meter Air dan Cara Instalasi Flow Sensor

 

Share