Hydraulic Breaker : Jenis dan Karakteristik

Hydraulic Breaker, juga dikenal sebagai palu perkusi, adalah alat mekanis berat yang digunakan untuk menghancurkan beton, aspal, atau material batu. Pemutus hidrolik biasanya terlihat dalam konstruksi jalan dan lebih disukai karena kinerjanya yang tinggi.

Pengenalan Hydraulic Breaker

Mesin hydraulic breaker mempunyai tenaga yang besar, yang merupakan mesin yang efektif dan produktif guna memecahkan berbagai material. Sesuai dengan aplikasi dilapangan ada beberapa jenis Hydraulic breaker dengan kapasitas tenaga kecil, menengah dan berat.

Pemakaian tenaga Hydraulic breaker yang paling kecil bisa dioperasikan dengan manusia yang sering disebut dengan hand held hydraulic breaker. Hydarulic breaker berkapasits kecil ini biasanya digunakan pada area yang tidak mungkin dijangkau oleh alat berat. sedangkan untuk tempat yang dapat dijangkau alat berat hydraulic hammer bisa dipasang pada backhoes, excavators dan lainnya.

Hydraulic Breaaker
Hydraulic Breaker

Mekanisme Hydraulic Breaker

Pada pemakain mesin hydraulic breaker yang bukan type super ringan (hand held) dan harus dioperasikan mesin alat berat. Alat berat yang digunakan untuk mengoperasikan harus disesuaikan dengan type dan kapasitas hydraulic breaker. Hal ini berhubungan dengan kerja mesin, dimana mesin yang digunakan dalam hal ini alat berat harus mempunyai kapasitas yang sebanding dengan hydraulic breaker di pasang.

Tenaga yang dihasilkan oleh hydraulic breaker tergantung kemapuan mesin alat berat. Kebutuhan dari tenaga yang dihasilkan oleh alat berat berupa aliran oil hydraulic. Kapasitas dari pompa hydraulic menentukan tenaga yang  disalurkan berupa kecepatan aliran oli hydraulic dan pressurenya. Kapasitas tenaga hydraulic sebagai hasil dari tenaga pompa yang menghasilkan volume aliran dan pressue oil yang dialirkan ke hydraulic breaker.

Untuk installasi hydraulic breaker pada alat berat dibutuhkan mounting kit yang dapat mengalirkan hydraulic oil dari pompa alat berat ke dalam breaker. Agar sistem ini tidak sulit serta dapat memudahkan operational hendaknya menggunakan quick coupler, dan pin grabbing yang dapat memudahkan pemindahan posisi dari breaker.

Karakteristik

Dalam persiapan kegiatan konstruksi, terdapat beberapa tahapan pekerjaan, antara lain pembongkaran, persiapan lokasi, penggalian permukaan jalan, dan pekerjaan umum. Untuk menciptakan lanskap kota modern, kadang-kadang perlu menghancurkan lingkungan, sering kali memecah trotoar saat membuka parit utilitas, memperluas dan memelihara jaringan, dan menghilangkan hambatan di jalan ekskavator. Palu pembongkaran manual yang menggunakan udara bertekanan untuk pekerjaan pembongkaran tidak lagi memenuhi tuntutan ekonomi dan teknis yang terus meningkat.

Alat-alat ini terkadang sangat bising, membutuhkan banyak upaya fisik dari para pekerja, dan kami jauh di belakang teknologi lain dalam rantai tersebut. Oleh karena itu, perlu untuk mengembangkan berbagai alat kerja untuk ekskavator hidrolik ke arah yang ditujukan untuk tugas-tugas khusus.

Inovasi dipicu oleh kombinasi faktor:

  • Ekskavator hidrolik menjadi alat utama dan hadir di sebagian besar lokasi konstruksi,
  • Penerapan universal dari sistem penggerak hidrolik,
  • Pergantian alat yang cepat,
  • Kebutuhan untuk mengurangi pekerjaan manual,
  • Persyaratan umum untuk meningkatkan utilisasi mesin,
  • Hemat energi dan persyaratan lingkungan.

Beberapa rakitan yang dikembangkan cocok untuk menggantikan mesin khusus, yang lain mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja manual atau meningkatkan produktivitas. Rakitan yang menggantikan mesin khusus termasuk peralatan pemancangan tiang pancang, perangkat penurun dan penarik bajak, rakitan pemadatan dalam.

Hydraulic Breaker
Hydraulic Breaker

Aplikasi  dari Hydraulic Breaker

Hydraulic breaker ini sangat cocok sekali digunakan untuk aplikasi penghancur, pekerjaan konstruksi maupun tambang seperti :

  • Pekerjaan jalan baik beton maupun aspal.
  • Penggalian untuk Pekerjaan pondasi saat menemukan bebatuan atau menghancurkan pondasi beton, atau atau yang lainnya.
  • Pada Pekerjaan penghancuran/pemutusan jembatan dan lainnya.

Related article : Sistem Hydraulic | Mesin Hydraulic

Source : jtexca

Share

One thought on “Hydraulic Breaker : Jenis dan Karakteristik

Comments are closed.

%d bloggers like this: