Fungsi Level Sensor

Level Sensor

Definisi Level Meter

Level sensor adalah jenis sensor yang digunakan untuk mengecek dan mengukur suatu ketinggian dari fluida baik berupa liquid maupun solid. Selain bisa mengukur ketingian dan juga bisa digunakana untuk mendeteksi atau mengetahui kedalam seperti sumur, danau, kedalaman laut dan lainnya.

Namun di dunia industri banyak digunakan untuk mengetahui ketinggian cairan atau solid berupa tepung atau biji-bijian yang berada dalam tanki ataupun silo. Pada pengaplikasiannya dilapangan selain digunakan untuk mengetahui suatu ketinggian juga berfungsi sebagai control.

Fungsi Level Sensor

Sebagai control fungsinya biasanya di gunakan untuk menghentikan suatu aliran atau proses ketikan ketinggian dari liquid atau solid sudah berada pada ketinggian yang disyaratkan baik pada ketinggian terendah maupun pada ketinggian teratas yang sering disebut dengan level switch.

Saat ingin memasang dan membeli level sensor hendaknya di ketahui dengan jelas tentang fungsi yang diinginkan, cara kerja yang diinginkan serta spesifikasi dari soloid atau cairan yang akan di pasang. Hal ini dikarenakan level sensor adalah jenis sensor yang sangat banyak sekali ukuran dan disesuiakan dengan size dari tanki.

Seperti sensor lainya untuk saat di hubungkan dengan level transmitter atau display mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk memonitor ketinggian yang bisa di teruskan untuk mengetahui volume serta biasanya mempunyai out put relay, analog 4-20mA, atau bisa juga comunication RS485 atau yang lainnya.

Begitu juga material yang digunakan serta cara kerjanya yang berbeda sesuai dengan jenis atau type level yang digunakan. Read More>>>

Share