Pengaman Connector Listrik Daiwa Dengyo SPT-11

Pengaman Connector Listrik Daiwa Dengyo SPT-11 merupakan Alat pengaman yang dipasang pada pintu pengaman atau peralatan mesin untuk mencegah kecelakaan akibat input daya yang tidak disengaja.

Definisi Electrical Connector

Electrical Connector adalah perangkat elektromekanis yang digunakan untuk menghubungkan konduktor listrik dan membuat sirkuit listrik. Kebanyakan konektor listrik memiliki jenis kelamin – yaitu komponen laki-laki, yang disebut steker, terhubung ke komponen perempuan, atau soket. Sambungan dapat dilepas (seperti untuk peralatan portabel), memerlukan alat untuk perakitan dan pelepasan, atau berfungsi sebagai sambungan listrik permanen antara dua titik. Adaptor dapat digunakan untuk menyambungkan konektor yang berbeda.

Baca Juga : OEZ Electrical Circuits

Jenis Electrical Connector

Ada dua bentuk connector listrik yang paling sering dipakai yaitu bentuk bulat ( circular connector ) dan bentuk bulat ( rectangular connector) dan pada bagian ini yan coba di tampilkan adalah connector dengan brand nanaboshi dari jepang, harting connector dari german, sibas connector dari china dan hirose connector dari jepang.

Konektor listrik adalah perangkat elektromekanis yang digunakan untuk menghubungkan konduktor listrik dan membuat sirkuit listrik. Kebanyakan konektor listrik memiliki jenis kelamin – yaitu komponen jantan, yang disebut steker, terhubung ke komponen betina, atau soket. Sambungan dapat dilepas (seperti untuk peralatan portabel), memerlukan alat untuk perakitan dan pelepasan, atau berfungsi sebagai sambungan listrik permanen antara dua titik disini author akan membahas tentang pengaman connector listrik.

Baca Juga : Heavy Duty Electrical Connector Sibas

Fungsi Electrical Connector

Adaptor dapat digunakan untuk menggabungkan konektor yang berbeda. Ribuan konfigurasi konektor dibuat untuk daya, data, dan aplikasi audiovisual. Konektor listrik dapat dibagi menjadi empat kategori dasar, yang dibedakan berdasarkan fungsinya:

  • Konektor inline atau kabel terpasang secara permanen ke kabel, sehingga dapat dipasang ke terminal lain (baik instrumen stasioner atau kabel lain)
  • Sasis atau konektor panel terpasang secara permanen ke peralatan sehingga pengguna dapat menghubungkan kabel ke perangkat stasioner Konektor dudukan PCB disolder ke papan sirkuit tercetak, menyediakan titik untuk pemasangan kabel atau kawat. (misalnya header pin, terminal sekrup, konektor papan-ke-papan)
  • Konektor splice atau butt (terutama konektor perpindahan isolasi) yang secara permanen menghubungkan dua panjang kawat atau kabel Dalam komputasi, dianggap sebagai antarmuka fisik dan merupakan bagian dari lapisan fisik dalam model jaringan OSI.

Baca Juga: Electrical Connector : Definisi, Jenis, dan Fungsi

Fungsi Pengaman Connector Listrik Daiwa Dengyo

Daiwa Dengyo Safety Plugs, mempunyai bentuk seperti  connector tapi mempunyai fungsi sebagai pengaman. Cara Kerja dari electrical safety plug  yaitu  memutus arus listrik. Sehingga, mesin atau peralatan lainya akan berhenti bekerja.

Connector pengaman electric, safety plug daiwa dengyo dengyo banyak digunakan oleh pabrikan dari Jepang dan asia. Namun, saat ini banyak juga digunakan oleh pabrikan  mesin diseluruh dunia, karena kuwalitanya yang teruji.

Electrical safety plug daiwa dengyo bisa juga dikatakan mempunyai fungsi sebagai switch pengaman. Pengaman untuk mencegah kecelakaan kerja akibat keteledoran atau tangan jahil. Dengan diputusnya arus listrik oleh safety plug, para operator produksi atau maintenance bisa lelusa dan aman  menyelesaikan kerusakan mesin.

Baca Juga : Circular Electrical Connector Nanaboshi

Selain digunakan pada mesin industri, safety plug daiwa dengyo banyak dipakai pada lift, eksekalator, pintu dorong otomatis, dan lainnya. Prinsip dasar cara kerjai safety plug adalah memutus arus listrik saat dilepas dan menghubungkan kembali arus listrik saat diconnect.

Aplikasi Pengaman Connector Listrik

Sebagai Pengaman mesin dan peralatan lainya, Safety plug daiwa dengyo banyak diaplikasikan pada:

  • Mesin Preduski.
  • Conveyor.
  • Lift dan escalator.
  • Pinto dorong menggunakan motor listrik
  • Ideal untuk pintu pagar pengaman, pintu dan panel operasi peralatan mesin dan mesin industri
  • Ideal untuk mesin self-propelled, pintu lorong dan panel operasi di gudang otomatis serta peralatan mekanis umum lainnya.

Baca Juga : T Series Electrical Connector Nanaboshi

Pengaman Connector Listrik Daiwa Dengyo SPT-11 Fitur

  • Mekanisme pembukaan positif. Struktur aman yang memungkinkan konfirmasi visual bahwa bagian dari sirkuit telah dilepas.
  • Operasi sederhana dan andal yang melibatkan penyisipan dan pelepasan steker sederhana. Mesin dapat dihentikan dalam keadaan darurat dengan segera melepas steker.
  • Struktur sederhana. Sebuah produk yang mengejar keandalan tinggi dan telah menghilangkan kontak rumit dan mekanisme operasi darinya sebanyak mungkin.
  • Diperlukan dimensi yang cukup untuk mengunci pintu sekaligus nyaman untuk dibawa-bawa dan tidak mudah hilang.

Baca Juga: Daiwa Dengyo Electrical Connector Safety Plug

Share
%d bloggers like this: