Flow Meter Untuk Mengukur Debit pada Open Channel

Open Channel Flow Meter adalah channel yang digunakan untuk mengalirkan air pada ssitem terbuka dimana banyak digunakan untuk mengalirkan air ke sungai atau penampungan pengolahan limbah. Untk hal ini kita bisa menggunakan flow meter dengan jenis

  • Level Sensor ultrasonic
  • Velocity Sensor ultrasonic
  • In Line Electromagnetic flow meter
  • Clamp on Ultrasonic flow meter

Open Channel Flow Meter Dengan Level Sensor

Pada jenis ini sensor level berfungsi menangkap ketinggian air secara kontinyu dan real yang digabungkan dengan perhitungan vitot atau lainnya bisa juga bentuk persegi panjang. Sensor level bisa menggunakan jenis level ultrasonic atau radar dan lainnya.

Prinsip dari sistem Open Channel flow meter ini adalah luasan penampang dari channel dikalikan dengan kecepatan aliran yang mengacu pada velocity karena perbedaan ketinggian.

Catalog  HD1200 open channel

Open Channel Flow Meter dengan menggunakan Sensor Ultrasonic

Pada jenis ini menggunakan 2 sensor yaitu sensor ultrasonic untuk mendeteksi flow velocity dan sensor level ultrasonic untuk mendeteksi ketinggian air secara kontinyu. Dengan di ketahuinya flow velocity serta ketinggian air maka melalu flow transmitter diketahui flow rate/deit airnya .

Open channel flow meter
Open channel flow meter

 

Open channel flow meter dengan menggunakan Sensor Electromagnetic

Jenis ini sebenarnya dapat digunnakan dengan cara melakukan modifikasi parit yaitu dengan menutup aparit di ujung dan di beri lubang dengan di pasang pipankeluaran air. Flow meter electromagnetic dipasang di pipa keluaran dengan catatan pemasangan pipa dimodifikasi dengan memeprtahankan pipa pada konsisi air didalamnya full agar electromagnetic flow meter bisa berfungsi dengan maksimal.

Open channel dengan menggunakan Clamp on ultrasonic flow meter

Untuk Jenis Ini Prinsipnya sama dengan dengan menggunakan electromagnetic flow meter namun kelebihan ultrasonic clamp on flow meter sensor cukup di tempelkan dipermukaan luar pipa dan di clamp. Dengan demikian debit air dalam ipa bisa di deteksi oleh transducer ultrasonic dan diketahui flow ratenya

Pemasangan Open Channel Flow Meter air limbah.

Memberikan pengembangan perumahan dengan utilitas adalah aspek penting untuk meningkatkan kenyamanan hidup. Tinggal di rumah masing-masing ditandai dengan konsumsi air yang besar untuk kebutuhan rumah tangga tanpa pembuangan selanjutnya: menyiram kebun, kebun, konsumsi air oleh manusia dan hewan, dll. Agar tidak membayar layanan air limbah untuk air yang dikonsumsi, pemasangan meter air limbah diperlukan. Counter akan menunjukkan bahwa pada kenyataannya lebih sedikit air masuk ke saluran pembuangan daripada memasuki rumah.

Pengukur aliran air limbah adalah perangkat berteknologi tinggi yang memiliki komponen elektronik dalam desainnya dan memastikan akurasi dan keandalan pengukuran. Pengerjaan basis instrumen dan komponen perangkat memungkinkan Anda untuk bekerja di lingkungan yang agresif secara kimia, tanpa kehilangan keandalan dan akurasi pengukuran.

Bagaimana Open Channel Flow Meter bekerja

Counter sewerage dibagi menjadi beberapa tipe berikut, tergantung pada prinsip operasi apa yang mendasari pekerjaan mereka:

  • uSG
  • elektromagnetik;
  • tuas-pendulum.

Menurut metode pengukuran, perangkat pengukuran limbah dibagi menjadi dua jenis:

  • Akuntansi untuk tingkat aliran efluen dalam pipa. Jumlah saluran ditentukan tergantung pada ukuran saluran.
  • Menghitung laju aliran bersama dengan tingkat aliran efluen dalam pipa. Jumlah air limbah ditentukan berdasarkan prinsip “area-speed”.
Sewer Pipe Ultrasonic flow Meter
ultrasonic sewer pipe flow meter

Penghitung Ultrasonik

Instrumen presisi tinggi untuk mengukur jumlah limbah cair. Pengukuran dilakukan menggunakan sensor sesuai dengan metode “area-speed”, yang mudah dipasang di kolektor. Mereka digunakan dalam saluran terbuka, sistem gravitasi, saluran pipa tanpa tekanan, di sektor industri untuk pengukuran komersial. Ketika instrumen dilengkapi dengan sensor hidrostatik, selain memonitor volume pembuangan, pemantauan dilakukan untuk mengisi jaringan saluran pembuangan.

Instalasi dilakukan di dalam pipa atau saluran tanpa pekerjaan konstruksi tambahan. Pengoperasian sensor ultrasonik didasarkan pada pengukuran perbedaan waktu tempuh pulsa getaran ultrasonik searah dengan gerakan aliran fluida dan melawannya. Sensor (piezoelektrik transduser) dipasang pada bagian pengukuran, yang memulai eksitasi pulsa ini.

Sensor ultrasonik dipasang pada sudut relatif terhadap penampang aliran. Kecepatan dapat diukur dengan satu atau dua sinar getaran ultrasonik. Sensor beroperasi bergantian, pertama sebagai emitor, lalu sebagai penerima. Gerakan cairan menyebabkan perubahan waktu propagasi lengkap sinyal di sepanjang aliran dan melawannya. Berdasarkan sinyal yang diterima, kecepatan dan volume efluen dalam pipa ditentukan.

Kelebihan perangkat jenis ini adalah keserbagunaannya, kemungkinan pemasangan di jaringan pipa geometri apa pun dengan diameter hingga 9 m. Pengukuran dilakukan di semua arah aliran. Pembangunan sumur tambahan atau ruang pengukuran untuk pemasangan perangkat tidak diperlukan. Kerugian dari perangkat termasuk kebutuhan untuk pembersihan sensor secara terus menerus. Inhomogenitas saluran, adanya gelembung, suspensi mengurangi keandalan indikator. Kesalahan pengukuran mencapai 5%.

Prinsip elektromagnetik

Electromagnetic Flow Meter WMAG30
Electromagnetic Flow Meter WMAG30

Ini adalah instrumen yang sederhana namun dapat diandalkan untuk mengukur volume air limbah, termasuk yang tidak diolah. Ini digunakan pada sistem saluran pembuangan gravitasi dan tekanan, asalkan tekanan dalam air limbah bertekanan tidak melebihi 40 bar.

Prinsip operasi meter volume air limbah didasarkan pada pengukuran gaya gerak listrik (EMF), yang terjadi dalam air limbah ketika melewati medan magnet buatan. Laju aliran fluida berbanding lurus dengan EMF yang muncul, yang diubah menjadi sinyal yang diterima pada tampilan alat pengontrol. Mengukur volume efluen hanya dimungkinkan jika mereka mengalirkan arus listrik, karena aksi perangkat didasarkan pada hukum Faraday (induksi magnetik). Cairan yang melewati medan magnet bertindak sebagai inti yang dapat bergerak. Ini memulai arus listrik, tergantung pada kecepatan efluen.

Keuntungan perangkat elektromagnetik adalah keserbagunaannya, memungkinkan Anda mengukur segala jenis limbah cair yang mengalirkan arus listrik, termasuk air limbah yang tidak diolah. Instrumen secara stabil menunjukkan data presisi tinggi, asalkan ada sistem elektroda pembersih sendiri.

Catatan! Kerugiannya termasuk operasi yang tidak stabil dengan adanya interferensi elektromagnetik yang kuat. Biaya meter aliran tergantung pada diameter pipa atau saluran, karena desain konverter utama harus selalu penuh.

Lever-pendulum flow meter

Ruang lingkup perangkat adalah saluran pembuangan terbuka dan tertutup bebas tekanan. Prinsip operasi adalah untuk mengukur tingkat dan laju aliran rata-rata. Pengukuran dilakukan terus menerus. Dimensi saluran, informasi tentang nilai saat ini dari tingkat aliran memungkinkan untuk menghitung nilai saat ini dari luas penampang melintang dari efluen. Volume air limbah didefinisikan sebagai produk dari laju aliran pembuangan yang lewat per unit waktu pengukuran. Produktivitas perangkat didefinisikan sebagai produk penampang aliran dengan kecepatannya.

Perangkat ini adalah perangkat dengan tuas yang dipasang pada sumbu, tempat pelampung berbentuk bulat terpasang secara kaku. Di ujung tuas yang dipasang sudut sensor deviasi tuas relatif terhadap garis vertikal ke horizontal. Dengan tidak adanya saluran air, tuas berada dalam posisi tegak. Di hadapan saluran, float naik atau turun, mengubah sudut kemiringan tergantung pada tingkat saluran di pipa. Melalui pembacaan sudut kemiringan, tingkat pembuangan ditentukan.

Untuk mengukur kecepatan, unit lain digunakan, yaitu pisau putar yang terbuat dari stainless steel. Pisau diperbaiki pada sumbu. Salah satu ujung bilah bebas diturunkan menjadi limbah cair. Sebuah sensor dipasang pada sumbu, yang menunjukkan kecepatan aliran dengan sudut defleksi blade, tergantung pada kekuatan arus.

Perangkat ini memberikan akurasi tinggi dari parameter pengukuran akuntansi air limbah, terlepas dari adanya kontaminasi dalam pipa dan faktor lainnya. Sebelum memilih model flowmeter, Anda perlu mengetahui persyaratan apa yang disajikan untuk sistem pembuangan kotoran dan jenis pipa air apa yang digunakan.

Jaringan sewerage dapat dibagi menjadi terbuka dan tertutup. Jaringan tertutup dibagi menjadi tekanan dan non-tekanan. Saluran terbuka juga tidak bertekanan. Melalui saluran tekanan, efluen bergerak di bawah pengaruh pompa, dalam pipa tanpa tekanan dan terbuka, oleh gravitasi karena kecenderungan pipa.

Untuk pengukuran dalam pipa tekanan, instrumen dengan sensor digunakan. Pengukur aliran elektromagnetik atau ultrasonik dipilih berdasarkan perhitungan perkiraan biaya efluen. Menetapkan penghitungan air limbah di saluran pipa gravitasi adalah tugas yang lebih sulit. Saluran terbuka atau tertutup dicirikan oleh pergerakan limbah oleh gravitasi di bawah pengaruh gravitasi pada kecepatan rendah.

Instrumen yang mengukur hanya tingkat cairan memberikan bukti untuk perhitungan lebih lanjut volume efluen dengan mempertimbangkan data penampang saluran. Untuk saluran terbuka, gunakan pengukur aliran tuas-pendulum.

Hasil yang lebih akurat diperoleh oleh instrumen tipe kedua, diukur sesuai dengan prinsip “area-speed”. Level cairan dalam saluran tanpa tekanan tidak konstan. Di rumah pribadi, saluran pembuangan dapat terjadi secara berkala, di sana saluran pembuangan akan dibongkar sebagian besar waktu, oleh karena itu, data digunakan pada area aliran, kecepatannya selama periode waktu tertentu.

Untuk mengukur kecepatan dalam saluran tertutup tanpa tekanan, digunakan flow meter ultrasonik dan elektromagnetik. Model spesifik dipilih tergantung pada diameter pipa.

Unit pengukuran limbah Open Channel Flow Meter

Unit pengukuran air limbah adalah kombinasi cara untuk mengukur biaya air limbah, sumur, untuk menempatkan perangkat pengukuran dan pemeliharaannya, dan bagian pipa tempat pengukuran dilakukan. Alat ukur terdiri dari transduser primer (sensor) dan transduser sekunder tempat pemrosesan, penyimpanan, dan tampilan informasi yang diukur berlangsung. Sumur dibangun khusus di bagian pipa ini. Pipa harus langsung di bagian pengukuran limpasan.

Sebelum memilih jenis flowmeter, diperlukan penilaian tentang kelayakan dan kelayakan memasang perangkat pengukuran dan pilihan lokasi pemasangan perangkat. Ketika unit meter dipasang di bangunan individu, tempat harus dipilih ke titik koneksi dengan saluran pembuangan umum.

Saat memilih alat ukur, alat harus mencatat nilai laju aliran limbah di seluruh rentang aliran untuk diameter pipa yang ada. Akurasi pengukuran harus tinggi, kesalahan tidak lebih dari 5% diperbolehkan. Sistem akuntansi harus mengakumulasi semua informasi, memberikan informasi tentang total volume kumulatif, periode pengukuran, dan waktu henti. Catu daya ke flowmeter harus tidak terputus dengan sumber daya cadangan.

Bagian pipa tempat meter dipasang harus langsung. Flow meter harus ditempatkan di bagian terendah dari jaringan sewer individual, di mana pengisian maksimum pipa berada. Untuk setiap simpul, sebuah proyek diperlukan, yang dikoordinasikan dengan departemen dan organisasi yang melayani jaringan saluran pembuangan. Setelah menerima semua izin dan menyelesaikan proyek, perjanjian layanan berlangganan disimpulkan.

Pengukur aliran ultrasonik air limbah dan air limbah (rumah tangga, air limbah, dan air limbah industri) US-800 dirancang dengan mempertimbangkan spesifikasi perangkat pengukur operasi di Federasi Rusia, memiliki perlindungan bawaan terhadap tegangan berlebih dan interferensi dalam jaringan, dan konverter utama terbuat dari stainless steel!Tersedia dengan transduser ultrasonik siap pakai untuk diameter: 15, 25, 32, 50, 65, 80, 100, 150, 200, 250, 300, 350, 400, 500, 600, 700, 800, 800, 800, 900, 1000, 1200, 1400 mm!

Ini dibuat khusus dan ideal untuk digunakan oleh utilitas air, di stasiun pompa, utilitas, energi, industri!

Sewerage meter US800 digunakan untuk menghitung air limbah domestik dan industri, limbah rumah tangga.

Set meter aliran yang sama persis digunakan untuk mengukur volume dan konsumsi air bertekanan domestik dan air limbah, limbah kimia, air limbah tinja, dll., Untuk pengukuran air.Flow meter untuk air limbah harus dipasang sesuai dengan aturan berikut:

PERHATIAN!

Kondisi utama untuk pengoperasian meter aliran air US-800 yang benar adalah pengisian lengkap bagian UPR dengan cairan.

Untuk menghindari kemungkinan kesalahan pengukuran dan kegagalan karena adanya inklusi gas atau udara, rekomendasi berikut harus diikuti:

  • Pada pipa horizontal yang sangat panjang, disarankan untuk menginstal UPR di bagian yang memiliki sudut pendakian (lihat Gambar. A)
  • Ketika memasok atau mengalirkan cairan dengan gravitasi, instalasi UPR dilakukan di bagian pipa yang diremehkan (lihat Gambar. B)
  • Hindari memasang unit kontrol di titik tertinggi pipa (lihat gbr. C)
  • Jangan memasang tegak lurus pada bagian pipa yang menurun, yang memiliki cairan bebas mengalir ke atmosfer (lihat Gambar. D)
  • Hindari memasang saluran masuk pada saluran masuk pompa
  • Saat memasang UPR, bidang probe harus berorientasi horizontal dengan deviasi tidak lebih dari 25 derajat. (lihat gambar d)

Opsi konektivitas perangkat eksternal untuk meter air limbah US-800

Keunggulan dan Manfaat US-800

Isolasi galvanik konverter primer (pipa) dari unit elektronik. METER HANYA ARUS DI RUSIA !!

  • Imunitas dan keamanan kebisingan tinggi dalam kondisi operasi apa pun, bahkan yang paling sulit sekalipun.
  • Saluran pengukuran aliran pada perangkat dua saluran juga diisolasi secara galvanis– ini tidak termasuk pengaruh timbal balik mereka (sebuah fenomena yang diamati pada perangkat dua saluran dengan multiplexing). Output digital RS485, output saat ini 4-20 mA diisolasi secara galvanis.
  • Pengalaman operasi yang sukses lebih dari 10 tahun telah menunjukkan stabilitas perangkat bahkan dengan sambaran petir di dalam pipa, belum lagi pengelasan.
  • Sistem diagnosa diri yang cerdas:
    – Pemantauan terus-menerus terhadap kinerja perangkat dan keandalan hasil yang diperoleh, menyaring, dan menetralisir gangguan. Filter jaringan:
    – Perlindungan terhadap gangguan dan pulsa pada tegangan suplai, perlindungan otomatis terhadap tegangan lebih, panas berlebih. Fungsi ultrasonik membersihkan diri transduser piezoelektrik.
  • Pilihan mode pengukuran aliran: modulo, dengan pembalikan, dengan pilihan hanya satu arah ke depan.
  • Basis elemen yang dipilih secara khusus produksi perusahaan asing terkemuka – PHILIPS, TOSHIBA, INTEL, dll.
  • Tidak membuat kehilangan tekanan! Bore penuh, bebas dari bagian mekanis / bergerak.
  • Mengukur bagian untuk diameter berapa pun!
  • Perlindungan tingkat tinggidari pengaruh eksternal (IP65 / IP68): – Kemampuan untuk memasang bagian pengukuran dalam kondisi iklim yang tidak diatur, serta di sumur yang terendam banjir sepenuhnya dan di kedalaman.
  • Dapat diprogram secara fleksibelberdasarkan persyaratan fasilitas produksi.
  • Penampilan yang menarik:
    – Kasing modern dengan perlindungan terhadap pengaruh eksternal IP 65.
    – Konektor yang andal.
    – Keyboard pemrograman ditutup oleh penutup transparan tertutup rapat.
  • Kurangnya pasokan listrik galvanik dalam memori non-volatile.
  • Tidak diperlukan perawatan khusus untuk seluruh periode operasi (lebih dari 25 tahun).
  • Layanan garansi gratis selama 2 tahun!
  • Prosedur verifikasi tanpa gangguan (tanpa membongkar konverter utama, disetujui oleh Standar Negara Federasi Rusia)!
  • Interval pengujian -4 tahun.
  • Menjamin -2 tahun.

SEMUA PRODUK BERSERTIFIKAT!

USER FLOW METER US-800 EB melayani 1 kontrol balok tunggal, satu saluran pengukuran, 2 sensor (1 balok) tertanam di kontrol EB melayani 2 unit kontrol balok tunggal, dua saluran pengukuran independen dalam satu unit elektronik, 2 sensor (1 balok) tertanam di setiap unit kontrol, nyaman dalam sistem multi-saluran, dalam meter panas komposit EB melayani 1 kontrol balok ganda, satu saluran pengukuran, 4 sensor (2 balok) tertanam di kontrol, ia memiliki peningkatan akurasi 0,5-1%, memerlukan minimum bagian lurus selama instalasi.
DN 15 hingga 1400 mm DN 15 hingga 1400 mm DN dari 50 hingga 1400 mm

Lingkup pengiriman US-800 sebagai standar:

Deskripsi aksesori: ELECTRONIC UNIT US-800

Unit elektronik memiliki indikator LED (segmen) besar, yang ditampilkan laju aliran (m3 / jam), volume (m3), waktu (jam) waktu aktif perangkat.
Unit elektronik adalah rumah instrumen plastik untuk pemasangan di dinding. Tegangan pasokan 220V. Konsumsi daya maksimum hingga 7 watt. Suhu sekitar di lokasi pemasangan adalah dari +5 ° С.

Selain itu dan atas perintah:

Antarmuka digital US-800

Output digital yang mungkin dari unit elektronik US-800
versi 11, 13, 21, 23, 31, 33
Antarmuka digital RS485Dukungan untuk protokol transfer data RS485: DCON, Modbus (opsional)
Kapasitas beban unit elektronik memungkinkan Anda menggabungkan hingga 32 buah flow meter dalam satu segmen jaringan. Menggunakan repeater RS485 / RS485, jaringan dapat diperluas hingga 256 pcs flow meter.

Deskripsi komponen:

Konverter aliran ultrasonik UPR (dengan probe sudah terpasang) adalah segmen pipa, di ujungnya dua flensa dilas, dan probe terletak di bagian tengah. Temperatur sekitar di lokasi pemasangan adalah -40 hingga +60 ° С.

 

Pipa dengan diameter 250-2000 mm juga ditawarkan kit tanpa katup kontrol – dengan KMCH – set sensor dan komponen pemasangan untuk dimasukkan ke dalam pipa (atau pembuatan katup kontrol) di tempat operasi. Kit dengan KMCH membutuhkan instalasi yang mumpuni! Diperlukan UPR atau KMCh dalam kit!

UPR terdiri dari dua jenis, tergantung pada jumlah sinar pengukuran: balok tunggal dan balok ganda. Juga berbeda dalam metode koneksi ( bergelang atau dilas) dan bahan manufaktur 12X18H10T (stainless steel) dan st20 (baja hitam): lihat tabel di bawah ini.

PELAKSANAAN CONVERTER ULTRASONIC DARI PENGELUARAN KONTROL
SATU SINARinset sepasang sensor dengan diameter.
EKSEKUSI STANDAR.
Balok GANDAMasukkan dua pasang sensor di sepanjang akor.
+ AKURASI YANG MENINGKATKAN, + KEANDALAN, + SITUS INSTALASI LANGSUNG MINIMUM
catatan: Tekanan maksimum, Suhu maks, Tingkat perlindungan debu dan kelembaban.
UPR 15, 25
stainless steel 12X18H10T, koneksi berulir
1,6 MPa
+120 ° C,
IP65
UPR 15, 25, 32, 40, 50, 65 UPR 50, 65, 80, 100
stainless steel 12X18H10T, koneksi flensa
1,6 MPa
+120 ° C,
IP65
UPR 80, 100, 150, 200, 250, 300
UPR 150, 200, 250, 300
stainless steel 12X18H10T, koneksi flensa
1,6 MPa
+150 ° C
IP65
UPR 150, 200, 250, 300, 350, 400, 500, 600, 700, 800, 900, 1000, 1200, 1400
steel20, koneksi mengarah
1,6 MPa
+150 ° C
IP65
UPR 150, 200, 250, 300, 350, 400, 500, 600, 700, 800, 900, 1000, 1200, 1400
UPR 150, 200, 250, 300, 350, 400, 500, 600, 700, 800, 900, 1000, 1200, 1400
steel20, wafer-less untuk pengelasan
1,6 MPa
+150 ° C
IP65
KMCh satu balok. 200-2000 KMCH balok ganda. 200-2000versi tubeless, UPR tidak termasuk.

Steel20, set komponen pemasangan (bos, mur, pengukur) untuk pemasangan pipa di tempat operasi

2,5 MPa
+150 ° C
IP65
Catatan:
1) Semua koneksi flensa dapat dilengkapi dengan flensa kawin dan pengencang (dengan biaya tambahan). Bahan dari semua flensa adalah steel20, flensa menurut GOST 12820-80.Open Channel Flow MeterMetode tradisional untuk menghitung air limbah adalah menentukan volumenya satu meter pada pipa air. Logika dari pendekatan ini sederhana – diyakini bahwa sebagian besar air yang telah tiba di titik penarikan jatuh ke saluran pembuangan. Namun, ini tidak selalu terjadi.

Sebagian air dapat digunakan untuk irigasi atau kebutuhan lain tanpa pengalihan berikutnya ke dalam sistem saluran pembuangan. Perangkat seperti meter air limbah sangat berguna di perusahaan-perusahaan di mana jumlah air limbah yang masuk ke saluran pembuangan jauh lebih sedikit daripada volume air yang masuk. Perangkat pengukuran modern adalah produk teknologi tinggi dengan komponen elektronik. Perangkat ini memberikan pengukuran yang akurat dan dapat diandalkan.

Perhitungan dilakukan dalam saluran terbuka atau pipa di mana zat kimia agresif dan partikel tersuspensi dapat hadir. Oleh karena itu, semua perangkat pengukur limbah disesuaikan secara struktural untuk bekerja dengan cairan agresif dan sangat terkontaminasi. Menurut prinsip operasi, meter air limbah dibagi menjadi dua jenis:

  • Instrumen jenis pertama hanya memperhitungkan tingkat aliran. Jumlah saluran ditentukan oleh laju aliran saluran.
  • Kisaran flow meter untuk air limbah mencakup jenis perangkat berikut:Perangkat jenis kedua memperhitungkan tidak hanya level, tetapi juga karakteristik kecepatan aliran. Pengukuran oleh perangkat tersebut dilakukan berdasarkan prinsip “area kecepatan”.
  • Ultrasonik – dilengkapi dengan sensor level untuk mengukur kedalaman aliran dengan elemen aliran langsung, memungkinkan pemasangan perangkat dalam pipa tanpa melakukan pekerjaan konstruksi di kolektor. Untuk mendapatkan data dari flowmeter, kabel, nirkabel, komunikasi modem digunakan.
  • Elektromagnetik flow meter adalah perangkat yang operasinya didasarkan pada prinsip interaksi fluida yang melewati perangkat dengan medan magnet. Cairan yang digunakan untuk meter air limbah elektromagnetik harus konduktif.
  • Lever-pendulum perangkat digunakan untuk menentukan laju aliran air di saluran terbuka dan tertutup. Perangkat ini dilengkapi dengan pelampung berbentuk bulat, yang mengukur tingkat efluen, dan pisau putar yang dirancang untuk menghitung kecepatan fluida.

Open Channel Flow Meter

Selain alat ukur stasioner, perangkat portabel digunakan yang digunakan untuk sementara menggantikan flowmeters yang dilepas. Meter portabel dilengkapi dengan sensor ultrasonik. Perangkat dapat bekerja sepanjang hari dengan daya baterai, dan pada malam hari mengisi ulang daya baterai. Dengan bantuan adaptor, daya mereka yang tidak terputus dapat diatur.

Meter air limbah: kesesuaian pemasangannya

Sebelum memilih jenis flowmeter yang diperlukan, perlu untuk mengevaluasi kelayakan pengukuran tersebut dan memilih tempat untuk pemasangan perangkat. Dalam kasus di mana fasilitas yang merupakan produsen air limbah berada di area pengembangan padat, organisasi akuntansi untuk limbah seringkali tidak mungkin. Laporan khusus dikeluarkan untuk mengkonfirmasi ketidakmungkinan teknis pemasangan flowmeter.

Jika keputusan untuk memasang flowmeter dibuat, maka jenis perangkat harus ditentukan tergantung pada karakteristik objek. Biasanya, flowmeter dipasang pada jaringan yang ada di sumur khusus. Manhole yang sudah ada di jaringan tidak tepat. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sumur inspeksi terletak di titik rotasi pipa atau perubahan tingkat posisinya. Ini bertentangan dengan aturan bahwa alat ukur harus dipasang dalam garis lurus.

Open Channel Flow Meter

Masalah yang mungkin timbul saat melakukan pengukuran Open Channel Flow Meter

Saat mengatur akuntansi, Anda dapat menemukan dua masalah yang memengaruhi akurasi pengukuran, yaitu keterbelakangan dan pendangkalan.

Alasan terjadinya terpencil:

  • akumulasi limbah padat di pipa, membentuk penyumbatan;
  • penghancuran bagian individual dari pipa;
  • adanya bias dalam arah yang berlawanan dengan aliran air;
  • jika inset dibuat pada tingkat yang lebih rendah dari permukaan pembuangan di pengumpul kota, air akan muncul dari sisi pengumpul.

Penyumbatan dapat dihilangkan dengan membersihkan sistem pembuangan limbah, dan masalah lain diselesaikan dengan melakukan perbaikan.

Penyebab pendangkalan:

  • pasir memasuki pipa;
  • kemiringan pipa yang tidak memadai;
  • penghancuran bagian pipa, sebagai akibatnya tanah memasuki saluran pembuangan.

Untuk menghindari ketidakakuratan pengukuran, sebelum menghitung volume air limbah, harus diperhatikan untuk membawa sistem dalam urutan penuh.

Untuk mendapatkan hasil akuntansi saham yang benar, perlu:

  • instal perangkat dalam bagian lurus;
  • ketika saluran air bergerak karena gravitasi, flow meter harus dipasang di bagian bawah;
  • unit pengukuran air limbah tidak dapat dipasang di bagian atas jaringan, karena pengukuran yang akurat hanya dimungkinkan dengan pengisian maksimum pipa;
  • jika saluran pembuangan dibuang secara bebas ke lingkungan, maka meteran tidak dapat dipasang di bagian bawah sistem saluran pembuangan;
  • bidang sensor dapat menyimpang dari garis horizontal dengan tidak lebih dari 25 0.

Metode untuk akuntansi air limbah (Open Channel Flow Meter)

Air limbah dalam sistem sewer dapat bergerak di sepanjang jaringan bertekanan dan tanpa tekanan. Dalam jaringan bertekanan, cairan bergerak di bawah pengaruh pompa, dan dalam jaringan tanpa tekanan oleh gravitasi, karena kemiringan pipa.

 

Mengukur jumlah air limbah yang melewati jaringan bertekanan tidaklah sulit. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan perangkat yang bekerja berdasarkan prinsip meter air. Perbedaan dalam kondisi operasi adalah adanya sejumlah besar polusi dalam air limbah dan laju aliran air yang lebih rendah. Pemilihan meter aliran dilakukan, dengan mempertimbangkan perkiraan laju aliran air limbah.

Jauh lebih sulit untuk memperhitungkan air limbah yang bergerak karena gravitasi. Gerakan ini dilakukan dengan kecepatan yang tidak signifikan di bawah pengaruh gaya gravitasi.

Dalam hal ini, gunakan:
  • instrumen yang mengukur secara eksklusif ketinggian air,
  • perangkat yang memperhitungkan tingkat efluen dan kecepatannya.

Jenis flow meter pertama digunakan untuk saluran dan pipa berbentuk U. Dalam saluran dengan bentuk yang berbeda, bendung standar digunakan.

Bagi mereka, formula yang dikembangkan secara empiris untuk mengubah tingkat limbah menjadi konsumsinya.

Untuk mengukur tingkat cairan aktual dalam pipa saluran pembuangan, Anda dapat menggunakan transduser sonar eksternal atau perangkat pencelupan yang memperhitungkan penurunan tekanan udara. Dengan membandingkan hasil dari dua pengukuran ini, Anda dapat memperoleh informasi yang akurat tentang volume air limbah.

Penggunaan perangkat yang secara bersamaan memperhitungkan tingkat cairan dan laju aliran memungkinkan Anda untuk mendapatkan data yang paling dapat diandalkan tentang jumlah limbah yang masuk ke sistem saluran pembuangan.

Pengukuran aliran fluida (Q) dalam pipa atau saluran tidak dapat dilakukan secara langsung. Untuk perhitungannya, rumus Q \u003d Ṽ * A digunakan, di mana A adalah luas penampang aliran, dan Ṽ adalah kecepatan rata-rata.

Dalam hal ini, tugas utama dan sulit adalah menentukan dengan benar kecepatan rata-rata Ṽ, karena luas penampang A ditentukan berdasarkan bentuk saluran (yang dapat diambil dari dokumentasi konstruksi, atau diukur saat membuat unit pengukuran) dan tingkat aliran, pengukuran yang dapat dilakukan dengan berbagai cara dan , sebagai suatu peraturan, bukan masalah.

Jenis meter aliran air limbah: pengukur level, meter aliran radar, Doppler, korelasi silang, elektromagnetik, berdenyut waktu, tuas dan meter aliran lainnya.

Saat ini, ada beberapa metode untuk mengukur aliran air limbah di jaringan pipa tanpa tekanan dan sejumlah besar jenis peralatan untuk mengatasi masalah ini. Metode-metode ini meliputi:

  • Gunakan sebagai flow meter pengukur level yang dipasang pada baki Parshal atau Venturi, atau langsung di atas saluran atau di dalam saluran pipa. Selain itu, kecepatan rata-rata tidak diukur sama sekali, tetapi diasumsikan bahwa nilai ini konstan dan laju aliran hanya bergantung pada level.
  • Pengukur aliran non-kontak Radar yang mengukur tingkat dan kecepatan limpasan permukaan. Laju aliran rata-rata ditentukan dengan mengalikan kecepatan limpasan permukaan dengan koefisien konstan.
  • Pengukur aliran ultrasonik selam berdasarkan metode Doppler, yang mengukur kecepatan di berbagai titik aliran dan menghitung kecepatan rata-rata berdasarkan data tambahan yang dimasukkan pada kekasaran dinding pipa, dll.
  • Sistem yang menyediakan transfer mode operasi non-tekanan pipa ke tekanan. Pada saat yang sama, bagian yang ditekuk ke atas dipasang pada pipa gravitasi, memastikan pengisian 100% pipa, setelah itu pengukuran aliran dalam pipa ini disediakan oleh perangkat metering elektromagnetik ultrasonik atau bor penuh yang dirancang untuk pipa tekanan.
  • Meter aliran korelasi silang ultrasonik Celup yang mengukur kecepatan aliran oleh lapisan dan menghitung nilai rata-rata berdasarkan data pada distribusi kecepatan di seluruh bagian lintas aliran.
  • Time-pulse flow meter (metode ini juga disebut waktu transit atau waktu transfer) adalah dua sensor yang terletak di dinding yang berlawanan dari pipa atau saluran, yang masing-masing merupakan penerima dan radiator. Sensor diarahkan satu sama lain dan mengirim sinyal ultrasonik dengan fokus sempit ke arah yang lain. Sumbu yang melewati sensor terletak pada sudut 45 hingga 70 derajat ke sumbu pipa. Bergerak dengan aliran dengan aliran, sinar ultrasonik menempuh jarak dari satu sensor ke sensor lainnya lebih cepat daripada melawan arus. Berdasarkan ini, kecepatan aliran ditentukan.

Ada beberapa jenis meter air limbah lainnya, tetapi mereka tidak umum karena kelemahannya yang jelas ketika bekerja di air limbah.
Ini, misalnya, meter aliran titik elektromagnetik, sensor yang mengukur di wilayah aliran lokal. Kerugiannya adalah sensor titik elektromagnetik mampu beroperasi terus menerus hanya di air yang relatif bersih.

Ada juga perangkat yang menentukan kecepatan arus berdasarkan pengukuran sudut deviasi pin (tuas) yang terbenam dalam aliran. Metode ini cukup sederhana, tetapi setiap kotoran di permukaan sungai, terutama di limbah rumah tangga (rambut, kain, dll.), Segera melanggar kesaksian.

Pemilihan jenis flowmeter untuk unit pengukuran air limbah (Open Channel Flow Meter)

Untuk menentukan penerapan sistem di atas dalam kondisi tertentu, kami mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan utamanya.

(1) Radar Flow Meter Tanpa KontakOpen Channel Flow Meter
Open Channel Flow Meter

Keuntungan utama: kesederhanaan dan kemudahan pemasangan dan pemeliharaan, yang ditentukan oleh fakta bahwa sensor jarak terletak di atas permukaan air dan tidak bersentuhan dengan saluran pembuangan. Perangkat ini mengukur tingkat limpasan permukaan, yang merupakan keunggulan signifikan dibandingkan dengan hanya pengukur level.

Namun, distribusi kecil dari sistem ini saat ini baik di Eropa dan di Rusia, serta cukup banyak ulasan negatif, menunjukkan bahwa mereka juga memiliki kelemahan. Kerugian utama adalah kesalahan yang sangat tinggi dalam mengukur laju aliran, mencapai hingga 30% dan bahkan hingga 50%. Kesalahan besar ditentukan oleh ketergantungan yang kuat dari metode pengukuran ini pada keadaan permukaan aliran (dari gelombang dan riak), serta tidak adanya hubungan yang jelas antara kecepatan permukaan yang diukur dan kecepatan rata-rata, yang menentukan laju aliran volumetrik cairan.
Penggunaan pengukur aliran radar hanya disarankan dalam kasus di mana sama sekali tidak ada kemungkinan untuk memasang perangkat yang lebih akurat (submersible) – Doppler atau korelasi silang. Selain itu, meter aliran radar cukup mahal saat ini, dan penggunaannya pada node meter air komersial dengan laju aliran rendah tidak praktis.

(2) Mengalir meter untuk saluran gravitasi berdasarkan pengukur level

Selain kerugian yang dijelaskan di atas yang melekat dalam sistem radar non-kontak, ketika menggunakan pengukur level untuk menentukan laju aliran, masalah kurangnya informasi tentang laju aliran ditambahkan.

Perangkat semacam itu dapat beroperasi secara relatif memadai tanpa adanya daerah terpencil. Tetapi untuk memastikan tidak adanya daerah terpencil sangat bermasalah. Jika mereka bahkan tidak hadir pada saat pemasangan peralatan, maka mereka dapat muncul tanpa terduga dari waktu ke waktu. Setiap benda yang menyumbat atau benda asing di saluran yang menghasilkan penyumbatan. Jika pipa dari perusahaan mengeluarkan buangan ke pengumpul kota, dan pengumpul beroperasi dalam mode pengisian besar, ada juga yang terbelakang. Jika ada air, kesalahan metode pengukuran ini bisa mencapai ratusan persen. Jika air di reservoir diam dan levelnya tetap tinggi karena terbelakang, kesalahannya cenderung tak terbatas.

Selain itu, penggunaan pengukur level ultrasonik tidak dimungkinkan dengan adanya busa, uap, kabut, curah hujan yang intens, gelombang besar, dll.

Keuntungan yang tidak diragukan dari sistem pengukur aliran berdasarkan pengukur level adalah biayanya yang rendah, serta kemudahan pemasangan dan pemeliharaan. Disarankan untuk menggunakan metode ini baik untuk kebutuhan teknologi (non-komersial), atau untuk pengukuran komersial pada pipa dan saluran dengan laju aliran rendah, ketika bahkan kesalahan besar perangkat tidak menyebabkan kerugian keuangan yang besar.

(3) Pengukur aliran air limbah Doppler

Submersible Doppler flow meter mengukur kecepatan partikel dalam aliran berdasarkan efek Doppler (mengukur perbedaan frekuensi antara sinyal ultrasonik yang dipancarkan dan sinyal yang dipantulkan dari partikel bergerak).

Open Channel Flow Meter

Masalahnya adalah bahwa dalam berbagai lapisan partikel aliran bergerak dengan kecepatan yang berbeda. Lebih dekat ke bagian bawah atau dinding, partikel bergerak lebih lambat, lebih dekat ke permukaan – lebih cepat, lebih lambat lagi di permukaan. Distribusi kecepatan tergantung pada banyak faktor, termasuk ukuran dan sifat sedimen dasar, kekasaran dinding, sifat, kecepatan dan tingkat aliran, dll.

Sensor Doppler tidak dapat menentukan pada level berapa partikel yang kecepatannya diukur. Kecepatan rata-rata dalam hal ini didefinisikan sebagai produk dari kecepatan yang diukur dan koefisien kalibrasi “K”.

Dalam hal ini, faktor kalibrasi biasanya dipilih sesuai dengan tabel tergantung pada bahan dinding pipa atau saluran, waktu dari saat saluran mulai beroperasi, dll. Asumsi yang signifikan sudah digunakan. Atau koefisien ditentukan selama kalibrasi selama instalasi. Tetapi, dalam hal ini, harus diingat bahwa ketergantungan aktual dari kecepatan rata-rata pada yang diukur adalah fungsi nonlinear dari kecepatan dan level, mis. Kalibrasi yang dilakukan dengan beberapa karakteristik hidrolik tidak akan benar dengan karakteristik lainnya. Selain itu, tingkat kontaminasi limpasan (jumlah partikel tersuspensi per unit volume) sangat mempengaruhi pembacaan meter aliran Doppler.

Metode pengukuran Doppler memberikan hasil yang jauh lebih akurat daripada penggunaan pengukur level atau meter aliran radar non-kontak, tetapi pada saat yang sama kesalahannya bisa 20-25%, dengan ketaatan yang tepat terhadap semua persyaratan manual operasi (yang dikonfirmasi oleh sejumlah tes komparatif). Namun, dalam beberapa kasus, tergantung pada kondisi hidrolik tertentu, meter aliran Doppler dapat memberikan akurasi yang baik (2-5%).

(4) Penggunaan meter aliran elektromagnetik dan ultrasonik ketika mengubah aliran tanpa tekanan menjadi aliran tekanan.

Mengubah mode operasi non-tekanan dari pipa ke tekanan adalah solusi yang cukup sederhana dan indah untuk pipa berdiameter kecil.

Open Channel Flow Meter Open Channel Flow Meter Open Channel Flow Meter

Setelah memasang bagian pipa yang ditekuk ke atas di sumur pipa non-tekanan, pipa sepenuhnya terisi dan masuk ke mode tekanan. Pengukuran aliran dalam pipa tekanan adalah tugas yang lebih sederhana dan lebih terpenuhi. Ini dapat dilakukan baik oleh sensor ultrasonik dan flowmeters elektromagnetik, kesalahan yang dapat 0,5-1,0%. Namun, dalam beberapa kasus, dengan drain kotor, penyumbatan dapat terbentuk di tikungan pipa ke atas – sebagai akibatnya, kesalahan karena deposit meningkat (sebanding dengan pertumbuhan deposit) dan setelah beberapa saat unit menjadi tidak beroperasi. Pembersihan pipa harian di lokasi unit meteran sepertinya tidak dapat diterima oleh pengguna. Selain itu, metode ini sulit diterapkan dan cukup mahal pada pipa berdiameter besar. Biasanya digunakan pada pipa dengan diameter kurang dari 300 mm.

(5) meter stok korelasi silang

Metode korelasi silang dikembangkan dan dipatenkan oleh Nivus GmbH pada tahun 2000. Metode ini kadang-kadang bingung dengan metode Doppler, meskipun tidak terkait langsung dengan itu. Metode korelasi silang tidak menganalisis perubahan frekuensi sinyal ketika dipantulkan dari partikel yang bergerak, tetapi membandingkan foto ultrasonografi yang diambil pada frekuensi 500 hingga 2000 unit per detik.

Berdasarkan perbandingan foto-foto USG ini, pergerakan partikel di setiap lapisan aliran per satuan waktu ditentukan, yaitu kecepatan semua lapisan aliran ditentukan. Dengan demikian, kecepatan rata-rata dihitung secara akurat berdasarkan pengukuran kecepatan langsung yang diperoleh di atas lapisan aliran. Dalam hal ini, tidak diperlukan kalibrasi awal atau memperhitungkan kekasaran dinding dengan memasukkan koefisien tabular (teoritis).

(6) Meteran pulsa berbasis waktu

Jenis flowmeter ini terutama ditujukan untuk pengukuran dalam aliran yang relatif bersih, karena keakuratan bacaan mereka sangat tergantung pada homogenitas medium. Jenis perangkat ini sering digunakan untuk mengukur aliran air minum murni, atau pada intake air. Pada bagian efluen, mereka biasanya digunakan pada saluran pembuangan dari sirkuit pendingin perusahaan industri, serta untuk air yang diolah di outlet pabrik pengolahan. Keuntungan mereka adalah kemampuan untuk mengukur saluran yang sangat luas – hingga 100 meter atau lebih. Pengukur aliran waktu-pulsa tersedia dengan sensor tanggam atau permukaan untuk pipa bertekanan, dan untuk pipa tanpa tekanan – dalam bentuk pipa atau sensor berbentuk baji, atau belahan bumi.

Open Channel Flow Meter Open Channel Flow Meter

Pemasangan sensor submersible untuk meter air limbah (Open Channel Flow Meter)

Jika semuanya cukup jelas dengan pemasangan sensor kedekatan pengukur level dan meter aliran radar (kemudahan pemasangan adalah keuntungan utama mereka, sehingga mengurangi akurasi pengukuran), maka pemasangan sensor pencelupan seringkali membutuhkan solusi teknis khusus. Pada pipa gravitasi dengan diameter 200-800 mm, Doppler dan sensor korelasi silang dipasang, pada umumnya, pada cincin pemasangan spacer, yang memastikan waktu pemasangan minimum dengan fiksasi yang andal.

Open Channel Flow Meter

Pada pipa dengan diameter lebih dari 800 mm, pelat dengan sensor terpasang pada dinding pipa. Saat memasang di air yang sangat kotor, seperti limbah industri atau tinja, Anda harus memantau dengan hati-hati pemasangan dan pemasangan kabel, terutama di bagian bawah pipa. Selain fakta bahwa kabel yang tidak terpasang dengan baik menyebabkan penumpukan rambut, kotoran dan kain di atasnya (dengan kemungkinan penyumbatan atau pengikisan keseluruhan struktur oleh aliran selanjutnya), kabel dapat menjuntai di bawah pengaruh aliran dan keributan selama gesekan pada struktur pemasangan. Saat memasang pelat logam ke dinding pipa berdiameter besar dengan sekrup, bahkan bentuk kepala sekrup pemasangan dan banyak detail teknologi lainnya sangat penting.

Masalah serius adalah pemasangan sensor imersi dalam aliran yang dalam, terutama pada laju aliran tinggi dan ketidakmampuan untuk menghentikan aliran sementara. Untuk ini, pekerjaan selam atau kerja dengan tingkat aliran minimum (di malam hari, dll.) Dapat digunakan. Namun, ada solusi teknis khusus yang memungkinkan tidak hanya untuk menurunkan sensor menjadi aliran dalam, tetapi juga untuk mengekstraknya dari sana tanpa bantuan penyelam untuk kalibrasi dan pemeliharaan. Gambar-gambar di bawah ini menunjukkan opsi pemasangan untuk sensor pada struktur logam yang dapat diturunkan ke saluran dan dikeluarkan dari situ.


Selain itu, sensor dapat dipasang pada mengapung terbalik. Ini tidak hanya memfasilitasi pemasangan sensor di saluran dalam, tetapi juga memungkinkan untuk membuat perhitungan yang akurat untuk sedimen bawah variabel (dalam kasus di mana sedimen bawah tergantung pada jumlah curah hujan, misalnya), karena pengukur level ultrasonik yang dibangun ke dalam sensor akan mengukur tingkat aliran dari permukaan. ke permukaan bawah yang sebenarnya dengan sedimen.

Open Channel Flow Meter

Kami juga dapat menyebutkan kemampuan tambahan meter aliran korelasi silang untuk mengukur aliran lebar. Jenis flow meter ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan beberapa sensor kecepatan yang terletak di bagian bawah saluran atau di bagian bawah dan di dinding saluran ke komputer dan, karena itu, dapatkan diagram kecepatan tidak hanya di kedalaman aliran, tetapi juga lebar. Ini memberikan pengukuran akurasi tinggi di saluran lebar.

Open Channel Flow Meter

Kemungkinan masalah saat menggunakan perangkat pengukur limbah dengan sensor rendam

Masalah paling serius saat menggunakan sensor imersi adalah kemungkinan hilangnya efisiensi akibat polusi saat bekerja di selokan kotor, atau kehancuran jika ada batu bergulir dan benda berat lainnya di sungai. Pada saat yang sama, perusahaan air Rusia sangat serius dengan masalah ini, karena mereka menganggap pipa saluran pembuangan di negara kita sebagai yang paling kotor. Tetapi tidak demikian. Sensor selam digunakan di seluruh dunia, tidak hanya di pipa yang terawat baik di Jerman dan Swiss, tetapi juga di India dan negara-negara lain di mana sistem pembuangan kotoran tidak lebih bersih daripada domestik.

Sensor ultrasonik yang digunakan dirancang khusus untuk kondisi kerja yang parah dan tidak kehilangan pekerjaan saat pendangkalan, karena lumpur basah mentransmisikan USG dengan baik.

Ketika menutupi sensor dengan lapisan kain atau bahan buram ke ultrasound, flowmeters dari produsen terkemuka tidak memberikan pembacaan yang salah, tetapi menandakan kesalahan dan kebutuhan untuk pembersihan. Untuk mengurangi kemungkinan penyumbatan, sensor biasanya dipasang tidak di bagian bawah (tidak pada jam 6), tetapi dengan beberapa offset (misalnya, pada jam 4 atau jam 5).

Open Channel Flow MeterMereka juga menggunakan instalasi pada ketinggian kecil (pada dudukan khusus) dan sejumlah metode untuk meminimalkan masalah yang disebabkan oleh kotoran.

Open Channel Flow Meter

Untuk melindungi dari batu gulir dan benda padat lainnya yang dapat merusak rumah sensor, pelindung logam khusus digunakan.

Masalah lain adalah pengukuran arus yang memiliki level rendah pada beberapa titik waktu. Ini mengarah pada fakta bahwa air tidak menutupi sensor dan tidak memungkinkan pengukuran kecepatan. Kemungkinan mentransfer aliran tanpa tekanan ke aliran tekanan melalui penggunaan pipa yang ditekuk ke atas telah dijelaskan di atas. Bendungan kecil juga bisa digunakan untuk menaikkan level. Pada saat yang sama, aliran tetap tanpa tekanan, tetapi levelnya naik.

Open Channel Flow Meter
Open Channel Flow Meter

Open Channel Flow Meter Tinjauan model dan produsen paling populer.

Di antara meter aliran yang disertifikasi dan digunakan di Rusia, pabrikan berikut dapat dicatat: Instrumen korelasi silang disediakan oleh Nivus GmbH.

Pengukur aliran Doppler dipasok oleh beberapa perusahaan asing dan sejumlah perusahaan domestik; Di antara yang asing, Nivus (OCM-F), ISCO, ADS, Hydreka (Mainstream) dapat dicatat; pabrikan domestik “Naik” dan “Dnepr” sendiri tidak secara khusus merekomendasikan pembelian pengukur aliran Doppler mereka, sementara untuk mengukur aliran di saluran terbuka disarankan untuk memasang pengukur level yang lebih akrab untuk produksi mereka.

Meter aliran non-kontak dengan fungsi mengukur kecepatan limpasan permukaan ditawarkan oleh Nivus (OFR), FlowTronic (RavenEye), Hach (Flo-Dar). ISCO menawarkan flowmeter laser non-kontak.

Perangkat untuk mengubah aliran bebas tekanan ke aliran tekanan ditawarkan oleh Nivus (Profiler), Flow-Tronic (Sewer Mag) dan pabrikan domestik Enrim (Stockmer).
Pengukur aliran waktu pulsa untuk saluran ditawarkan oleh Nivus, Accusonic dan Seba Hydrometrie.

Di antara pengukur level dengan fungsi mengukur laju aliran, produsen paling populer adalah Signur (Echo-R), Takeoff (RSL), Dnipro dan banyak lainnya. Anda dapat memperhatikan pengukur level SonicSens yang sepenuhnya otonom, beroperasi pada baterai dari tiga hingga lima tahun dan mentransmisikan informasi tentang level dan konsumsi melalui saluran komunikasi GSM nirkabel.

Open Channel Flow Meter Harga untuk meter aliran air limbah.

Perangkat pengukuran air limbah lintas-korelasi saat ini adalah yang paling akurat, andal, dan stabil dari semua flow meter yang tersedia di pasar. Tetapi harganya lebih tinggi daripada flow meter Doppler dan, terutama, level meter. Jika Anda berurusan dengan pipa kecil, dengan aliran kecil, dan jika biaya air tahunan untuk unit meteran ini jauh lebih rendah daripada biaya flowmeter berkualitas tinggi, maka mungkin lebih menguntungkan bagi Anda untuk menggunakan sistem yang lebih murah (meskipun kurang akurat) – pengukur level atau Doppler. Pada saat yang sama, menarik bahwa Nivus menjaga Doppler flow meter air limbah dengan harga yang cukup rendah daripada kebanyakan pemasok asing, karena fakta bahwa Nivus berfokus pada sistem korelasi silang yang paling dapat diandalkan. Adapun saluran dengan konsumsi tinggi, bagi mereka metode korelasi silang saat ini adalah yang terbaik.

Saat ini ada banyak pilihan meter air limbah yang berbeda dalam harga dan kualitas. Dan jika Anda dihadapkan dengan tugas untuk membeli meteran untuk saluran pembuangan industri, rumah tangga atau badai, atau pipa dan saluran untuk intake dan spillway, maka untuk setiap aplikasi Anda dapat memilih versi Anda sendiri. Pada saat yang sama, lebih baik untuk mempercayakan pemasangan stasiun pengukuran limbah ke spesialis, karena keakuratan bacaan dan lamanya pekerjaan mereka sangat tergantung pada pemasangan yang benar dari perangkat.

Undang-undang Rusia tentang konservasi energi mensyaratkan perusahaan dan utilitas untuk mengatur penghitungan air limbah. Banyak yang menghadapi pertanyaan ini untuk pertama kalinya. Pertama, Anda perlu menentukan istilah itu sendiri dan mencari tahu bagaimana mereka dibentuk dan tempat di mana mereka pergi.

Air limbah adalah air yang terkontaminasi oleh limbah industri dan limbah rumah tangga, serta air yang terbentuk sebagai hasil dari pengendapan dalam fasilitas industri dan pemukiman. Limbah dari wilayah dihapus menggunakan sistem pembuangan limbah. Ini adalah seluruh jajaran peralatan teknik, fasilitas dan tindakan sanitasi yang memastikan pengumpulan dan pembuangan limbah, serta disinfeksi dan perawatannya sebelum dibuang ke badan air atau pembuangan.

Ada dua jenis limbah:

  • intern;
  • di luar ruangan.

Sistem internal berada di dalam struktur dan bangunan. Ini berfungsi untuk mengumpulkan dan membuang air yang terkontaminasi ke dalam jaringan selokan eksternal, di mana air limbah diangkut di luar wilayah fasilitas industri dan pemukiman. Sewerage internal mencakup barang-barang seperti tikungan, perlengkapan sanitasi, bangun dan outlet dari bangunan.

Unsur-unsur limbah eksternal termasuk pipa tekanan dan gravitasi, instalasi pengolahan limbah dan stasiun pompa limbah, dengan kata lain, stasiun pompa.

Sistem pembuangan limbah menyiratkan pembuangan air limbah secara terpisah atau bersama dalam kategori berikut: industri, domestik dan hujan. Sistem pembuangan limbah itu sendiri dapat dipisahkan dan disatukan. Dalam sistem yang terpisah, produksi bersih dan air hujan disingkirkan melalui satu jaringan, dan produksi dan air domestik – melalui yang lain. Sistem publik untuk jaringan umum saluran dan pipa membuang semua kategori air limbah di atas.

Akuntansi dilakukan oleh badan-badan negara. Instalasi, penggantian, dan inspeksi juga dikendalikan oleh negara. Pelanggan wajib memberi perwakilan akses ke pipa ledeng dan perangkat saluran pembuangan. Vodokanal tidak dapat melakukan ini secara gratis. Oleh karena itu, layanan pembuangan air dibayar dengan cara yang sama dengan layanan air, yaitu, sebanding dengan volume air yang dibuang.

Dari hal di atas dapat disimpulkan bahwa untuk semua murahnya (tidak ada biaya untuk mengatur akuntansi untuk air yang terkontaminasi), diperkirakan air limbah sekitar. Ia tidak dapat memperhitungkan karakteristik konsumen, yang cukup serius mempengaruhi rasio efluen / konsumsi, baik dalam satu arah dan yang lain. Juga harus diingat bahwa air panas yang dikonsumsi dan yang dikonsumsi masuk ke saluran pembuangan. Pemasok air seperti itu adalah perusahaan yang paling sering berbeda, sedangkan air limbah sepenuhnya berasal dari Vodokanal.

Impor, air hujan, yang masuk ke tanah selama kecelakaan pipa, dikeringkan melewati selokan dan air yang menguap adalah faktor yang “mengganggu”. Karena mereka, metode “konsumsi / limbah” bekerja secara normal hanya untuk konsumen kecil, misalnya, di sektor perumahan, yang “secara tradisional” menggunakan air. Dalam kasus lain, perlu mengatur akuntansi menggunakan instrumen.

Akuntansi untuk air yang terkontaminasi dalam beberapa kasus akan bermanfaat bagi pihak yang membuangnya, dan dalam beberapa hal kepada pihak yang terlibat dalam pembuangan air limbah. Namun demikian, akuntansi akan “transparan” dan objektif dalam hal apa pun.

Metode untuk drain head tekanan akuntansi Open Channel Flow Meter

Telah disebutkan bahwa air limbah diangkut melalui pipa bertekanan dan tanpa tekanan. Sistem akuntansi kedua sistem sedikit berbeda. Sangat mudah untuk mengukur volume air limbah bertekanan. Pengukuran volume air keran (biasa) dari pengukuran air limbah berbeda hanya dalam kasus kedua, laju aliran jauh lebih rendah, dan tingkat polusi jauh lebih besar.

Sebagai aturan, perangkat meter dipasang di outlet stasiun pompa limbah. Paling sering, peran mereka dimainkan oleh flow meter ultrasonik atau elektromagnetik. Mereka dipilih sesuai dengan kisaran biaya yang diukur. Perangkat ultrasonik dapat digunakan dengan sensor permukaan. Untuk memastikan operasi yang stabil (dan mengurangi beban pada pompa), ventilasi udara otomatis dan katup periksa harus digunakan.

Akuntansi untuk saluran tanpa tekanan

Tugas yang benar-benar berbeda dan lebih sulit adalah untuk menghitung saluran air tanpa tekanan. Dalam hal ini, ada pipa kosong atau saluran terbuka di mana air mengalir dengan kecepatan rendah di bawah pengaruh gravitasi.

Khusus untuk opsi ini, metode tingkat variabel diciptakan. Dalam hal ini, pengukur level digunakan sebagai flow meter. Dia menceritakan informasi akuntansi tentang bagian pengukuran dengan “tingkat laju aliran”. Dalam peran bagian ini adalah nampan Parshal dan Venturi dibangun ke dalam saluran. Bendung dengan dimensi standar juga digunakan. Bagi mereka, formula “level-flow” diperoleh secara semi-empiris. Metode ini bekerja di saluran pipa berbentuk U dan tanpa tekanan, dan dalam hal ini bendung dan baki tidak diperlukan. Metode yang dijelaskan diatur oleh dokumen Standar Negara.

Namun, ada klaim untuk metode ini. Mereka muncul karena fakta bahwa titik awal dalam metode ini adalah hasil dari karakteristik laju aliran tekanan yang dihitung sebelumnya dari pipa, baki atau saluran pelimpah. Semakin akurat perhitungan awal akan dilakukan, semakin akurat perangkat akan bekerja di masa depan. Untuk menentukan karakteristik pipa tanpa tekanan atau saluran berbentuk U, laju aliran fluida (asalkan tingkat pengisian diketahui) harus ditentukan secara eksperimental. Pengukuran dilakukan “dengan mata”.

Misalnya, Anda dapat menggunakan sepotong yang harus dibuang ke saluran dan arloji. Kesalahan percobaan semacam itu sangat buruk. Oleh karena itu, ada cara lain – formula Shezy. Di sini, koefisien kekasaran dinding dan kemiringan konstruksi pipa dipertimbangkan. Tetapi nilai-nilai ini dapat disebut teoretis, karena kemiringan nyata tidak selalu sesuai dengan yang ditunjukkan dalam dokumentasi desain, dan kekasaran dinding dan koefisiennya terus berubah selama penggunaan pipa. Meskipun demikian, perhitungan pendahuluan dimasukkan ke dalam perangkat. Jika kesalahan dibuat dalam data sumber, ini dapat menyebabkan akuntansi yang tidak akurat. Dalam banyak kasus, kesalahan ini mungkin tidak diperhatikan. Itu sebabnya untuk desain dan pemasangan sistem pengukuran untuk saluran tanpa tekanan, perlu untuk menarik profesional.

Open Channel Flow Meter Pengukur aliran domestik

Perusahaan Rusia “Signur” dan “Naik” menghasilkan perangkat yang menerapkan metode tingkat variabel. Ini adalah flowmeters ECHO-R-02 dan Rise-RSL. Tingkat diukur dengan metode non-kontak berkat sensor ultrasonik, yang terletak di atas pipa atau saluran.

Setiap perangkat memiliki kelebihan dan kekurangan. Manfaat:

Kekurangan:

  • jika terjadi banjir, banjir pipa, atau perubahan arah aliran di lokasi pengukuran, perhitungan menjadi tidak dapat diandalkan, karena tingkat aliran adalah parameter yang diukur utama. Jika tetap tidak berubah, perangkat akan menunjukkan laju aliran yang sesuai dengan titik grafik “level-flow”;
  • 2 tahun adalah periode interval antar-verifikasi;
  • dalam panduan suara dan AP, pembentukan pertumbuhan es dimungkinkan;
  • dibutuhkan bagian lurus yang panjang.

Harga perangkat semacam itu adalah sekitar 45.000 rubel.

Flowmeter take-off-RSL memiliki keunggulan sebagai berikut:

Terlepas dari semua kelebihannya, “Takeoff-RSL”, seperti flow meter lainnya, memiliki kelemahan:

  • kerucut radiasi sensor memiliki perbedaan. Karena itu, refleksi dari berbagai hambatan (stasioner dan non stasioner) dapat menyebabkan kesalahan pengukuran;
  • penggunaan koreksi suhu. Dalam suatu lingkungan, kecepatan USG sangat tergantung pada suhu, komposisi, kelembaban dan tekanan udara. Ini juga dapat menyesuaikan hasilnya.

Biaya flow meter semacam itu adalah sekitar 60.000 rubel.

Perangkat asing

Selain produsen dalam negeri, flowmeters diproduksi oleh perusahaan asing. Dari instrumen asing untuk mengukur biaya dalam pipa bebas tekanan dan saluran terbuka, ada instrumen yang menerapkan metode “area-speed”. Misalnya, produk Teledyne ISCO. Dalam perangkat tersebut, sensor ditempatkan di bagian bawah saluran dan, menggunakan sensor tekanan, mengukur ketinggian air di atas dirinya sendiri dan laju aliran (menggunakan metode Doppler). Parameter saluran harus dimasukkan ke dalam memori perangkat terlebih dahulu. Dia membandingkan data ini dengan informasi real-time tentang tingkat pengisian, setelah itu laju aliran dan volume aliran dihitung. Kerugian utama dari metode ini adalah harganya, yang jauh lebih tinggi daripada flowmeters Rusia.

Perlu dicatat bahwa untuk perangkat domestik dan asing, “musuh” utama adalah banjir dan pembentukan sedimen di lokasi yang diukur. Dalam hal ini, kesalahan meningkat. Oleh karena itu, flowmeter, serta lokasi pemasangannya, memerlukan pemeliharaan rutin.

Dari hal tersebut di atas, kesimpulan dapat ditarik. Sampai saat ini, akuntansi air limbah adalah tugas yang cukup mendesak. Itu bisa diselesaikan dengan berbagai metode. Dan jika sistem tekanan tidak bermasalah, maka sistem tanpa tekanan dapat dihitung dengan beberapa cara. Konsumen dengan volume kecil air limbah dan rasio yang seragam antara air yang dikonsumsi dan yang tercemar dapat menggunakan metode perhitungan. Koefisien rasio ditentukan secara empiris. Tetapi konsumen besar dengan rasio “konsumsi / efluen” yang berubah atau tidak jelas harus mendapatkan instrumentasi. Instrumen yang menerapkan metode tingkat variabel akan lebih murah. Tetapi perangkat “area / kecepatan” akan lebih mahal. Dalam kedua kasus, simpul akuntansi harus dipasang oleh para profesional. Mereka juga membutuhkan perawatan berkelanjutan.

Share
%d bloggers like this: