Annubar Flow Meter : Prinsip Kerja, Kelebihan, dan Kekurangan

Annubar Flow Meter kadang-kadang disebut sebagai averaging pitot dan berisi beberapa sadapan tekanan untuk ‘rata-rata’ aliran; ini untuk mencoba mengimbangi profil aliran yang tidak ideal. Averaging Pitot dimasukkan (Insertion) melintasi pipa seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Satu sisi batang memiliki keran tekanan yang menghadap fluida yang mengalir yang digabungkan ke dalam ruang “rata-rata” yang mengukur tekanan total (yaitu statis + dinamis) fluida.

Annubar Flow Meter

Mungkin ada satu lubang atau beberapa lubang sadap di sisi berlawanan dari batang untuk mengukur tekanan statis rendah di daerah hilir. Perbedaan antara tekanan total dan tekanan statis secara efektif merupakan ukuran kepala kecepatan fluida, yang bersama-sama dengan luas pipa memungkinkan laju aliran volumetrik ditentukan.

Annubar Flow Meter Working Principle

Elemen aliran primer Annubar adalah alat yang digunakan untuk mengukur aliran cairan, gas, atau cairan uap yang mengalir melalui pipa. Ini memungkinkan pengukuran aliran dengan menciptakan tekanan diferensial (Differential Pressure) yang sebanding dengan kuadrat kecepatan fluida dalam pipa, sesuai dengan teorema Bernoulli.

DP (Differential Pressure Flow Meter) ini diukur dan diubah menjadi laju aliran menggunakan perangkat sekunder, seperti pemancar tekanan DP. Aliran tersebut terkait dengan DP melalui hubungan berikut.

di mana:

  • Q = Laju Aliran
  • K = Koefisien Aliran Annubar
  • DP = Tekanan Diferensial

Annubar menghasilkan DP dengan membuat penyumbatan di pipa dan bertindak sebagai penghalang cairan. Kecepatan fluida berkurang dan terhenti saat mencapai permukaan depan sensor Annubar, menciptakan benturan/tekanan tinggi. Annubar merasakan tekanan benturan dengan memanfaatkan pemancar DP.

Prinsip Kerja Annubar Flow Meter
Prinsip Kerja Annubar Flow Meter

Saat cairan berlanjut di sekitar sensor Annubar, itu menciptakan profil kecepatan yang lebih rendah di bagian belakang sensor, menciptakan tekanan rendah/hisap di hilir Annubar.

Port individu, yang terletak di bagian belakang sensor Annubar mengukur tekanan rendah ini. Bekerja dengan prinsip yang sama seperti tekanan tinggi, tekanan rendah rata-rata dipertahankan di ruang tekanan rendah yang terhubung langsung ke pemancar untuk pengukuran.

Tekanan diferensial yang dihasilkan adalah perbedaan antara pembacaan tekanan impak (tinggi) dan pembacaan tekanan hisap (rendah) seperti yang terlihat di bawah ini.

DP = PH – PL

dimana:

  • PH = High Pressure
  • PL = Low Pressure

Differential Pressure terukur digunakan untuk menghitung laju aliran.

Formula Annubar Flow Meter
Formula Annubar Flow Meter

Keuntungan Annubar Flow Meter

  • Dapat dimasukkan melalui lubang kecil.
  • Dapat digunakan untuk sampel kecepatan di beberapa titik.
  • Penurunan tekanan rendah, obstruksi minimal.

Kekurangan Annubar Flow Meter

  • Pengukuran titik tunggal.
  • Tabung pitot rapuh
  • Sinyal Differential Pressure rendah.

Source : InstrumentationTools.com

Baca Artikel Lainnya

Share
%d bloggers like this: