Harga Flow Meter Air Limbah

Flowmeter Air Limbah

Flow Meter air Limbah adalah flow meter yang digunakan untuk mengetahui dan mengukur besarnya Aliran air limbah yang akan, sedang dan hasil proses pengolahan, Flowmeter air limbah banyak di gunakan di industri guna membantu mengetahui jumlah air limbah yang diproses sehubungan besarnya biaya proses pengolahan.

Flow Meter Air limbah diindustri biasanya digunakan untuk mengetahui Kapasitas dan jumlah air limbah yang dihasilkan oleh proses produksi atau karena aktifitas lain dari industri. Sedangkan untuk proses pengolahan Air Limbah, flowmeter air limbah biasanya digunakan untuk mengetahui jumlah air limbah yang akan diproses, besaran komponen proses pengolahan dan beasran jumlah limbah yang dihasilkan serta total air hasil proses sebelum di buang ke sungai.

Untuk mengetahui jumlah total volume air limbah, membantu mengontrol proses serta mengetahui hasil proses pengolhan air limbah, biasanya flowmeter dipasang pada saluran masuk dan keluarnya limbah dan menuju pembuangan terakhir. Pemasangan Jenis flowmeter air limbah haruslah sesuai dengan sifat dari limbah itu sendiri, sebgai acuan jenis material flowmeter yang digunakan.

Flow meter yang paling banyak digunakan untuk air limbah dan sangat terkenal adalah jenis Flow meter Electromagnetic. Flow meter electromagnetic hanya bisa di operasikan pada jenis cairan yang mempunyai konduktivitas yang memadai.

Jenis Flow Meter air limbah

Dalam menentukan budget Flow Meter Air Limbah yang digunakan perlu diketahui jenis flow meter yang akan di beli. Berikut ini beberapa jenis flow meter yang bisa digunakan untuk air limbah sesuai dengan budget dan spesifikasi yang kita inginkan :

Flow Meter Ultrasonic 

  • Jenis ultrasonic cocok digunakan untuk flow meter air limbah yang korosivf maupun yang netral
  • Jenis ultrasonic flow meter cocok untuk air limbah dengan content solid maksimal 12%
  • Bisa di gunakan untuk air limbah yang punya conductivity maupun yang tidak punya conductivity
  • Mempunyai akurasi hingga 1% dan lebih baik
  • Pada  jenis sensor clamp on instalasinya tidak perlu mematikan proses aliran,  karena tidak perlu memotong pipa maupun melubangi pipa
  • Untuk Jenis cairan yang corosive bisa menggunakan material stainless steel untuk jenis sensor in line atau bisa menggunakan jenis clamp on.
  • Tersedia jenis compact dimana ultrasonic transmitter dan ultrasonic flow sensor menjadi satu atau bisa menggunakan jenis splite dimana sensor dan dan flow transmitter ( display) terpisah.
  • Untuk jenis clamp on atau  insertion bisa di gunakan untuk segala jenis material pipa dengan size DN15 hingga DN5000.

Untuk harga flow meter  air limbah ultrasonic ada 3 jenis yaitu :

Flow meter air limbah Type Ultrasonic Clamp on

    • Flow meter ultrasonic clamp on ini cocok untuk ukuran pipa yang besar karena jatuhnya harga lebih murah di banding jenis flow meter lainnya.
    • Jenis ultrasonic flow meter sangat cocok untuk aliran menggunakan pressure atau pompa maupun tanpa pressure atau aliran gravity. Hal ini dikarenakan flow meter ultrasonic mampu mendetksi aliran dengan low velocity hingga 0.03 m/s.
    • Untuk harga flow meter limbah type clamp on tergantung dari merek dan negara yang memproduksinya,
    • Untuk installasinya clamp on ultrasonic ini tidak perlu memotong pipa maupun melubangi pipa tapi ultrasonic sensor cukup di tempelkan pada permukaan pipa. Dan agar tidak mudah bergeser bisa di beri bracket kemudian di clamp dengan tool cukup menggunakan obeng.
    • Untuk harga flow meter air limbah ultrasonic  jenis clamp on dari china kisaran harga bisa 10 jt hingga 30 jt tergantung pada jenis transducer dan aksesories
      • Biasanya ada 3 jenis sensor dari size kecil DN15 – DN65, Sensor medium untuk size DN80-DN300 dan sensor size large untuk sixe DN400 keatas.
      • Sebaiknya juga diusahakan untuk beli bracket serta panel agar flow meter bisa dipasang dengan baik, mudah dan paten dari gangguan alam. Serta usahakan untuk bracket transducer di buat dari bahan yang tidak mudah berkarat sperti dari stainless steel atau non metal.
      • Untuk jenis tarnsmiter atau flow comp sebaiknya memilh jenis yang tersedia tampilan angka seperti pada kalkulator. Tujuanya adalah agar saat mekaukan input data dans eeting parameter lebih mudah dan lebih cepat.
    • Untuk harga Flow meter air limbah ultrasonic dari eropa jepang, korea dan amerika kisaran harga bisa pada angka 45 jt hingga 70 jt
    • Flow meter ultrasonic clamp on ini mempunyai akurasi 1% dan lebih baik.
    • Clamp on ultrasonic flow meter ini memerlukan power 230 VAc atau bisa 24 VDc dengan konsumsi energi tidak lebih dari 5 watt
    • Flow meter ultrasonic jenis calamp mempunyai analog output 4-20MA, Pulse, Rellay dan comunication RS485 serta punya 2 way analog input 4-20mA

Flow meter air limbah Type  In Line ultrasonic flow meter

    • Untuk jenis flow meter air limbah Inline ultrasonic harganya tergantung pada jenis materialdan size  flow sensor ultrasonic. Sizenya tersedia DN15-DN600 dimana harganya dimulai dari 13 juta hingga 72 juta
wuf 100 IC ultrasonic flow meter
wuf 100 IC ultrasonic flow meter
    •  Flow meter air inline ultrasonic flow meter biasanya bisa di operasikan pada temperature hingga 160 derajad celcius
    • Flow meter in line ultrasonic flow meter bisa di operasikan untuk aliran low flow velocity hingga 0.03 m/s
    • Inline Ultrasonic flow meter ini bisa di custom dengan jenis material carbon steel, SUS304 dan SUS316 dengan maksimal pressure hingga 30 bars
    • Flow meter ultrasonic ini mempunyai akurasi 1% dan lebih baik.
    • In line ultrasonic flow meter ini memerlukan power 230 VAc atau bisa 24 VDc dengan konsumsi energi tidak lebih dari 5 watt
    • Flow meter ultrasonic jenis inline mempunyai analog output 4-20MA, Pulse, Rellay dan comunication RS485 serta analog input 4-20mA

Flow meter air limbah Type Open Channel  ultrasonic flow meter

Flow Meter Open Channel banyak dipakai untuk mengukur kecepatan aliran atau arus pada sungai sungai, channel, dan gorong gorong dengan ukuran super besar. Dimana jaringan aliran dengan menggunakan sistem terbuka dan biasanya aliran dikarenakan adanya gaya gravitasi. Cara kerja jenis flowmeter open channel yaitu menghitung kecepatan aliran dan ketinggian permukaan yang dikalkulasikan terhadap luas penampang channel.

Untuk pengukuran kecepatan aliran digunakan flow sensor maupun menghitung kapasitas aliran berdasarkan delta pressure karena perbedaan ketinggian permukaan air dan juga ada mengguankan ultrasonic velocity atau electromagnetic.

Flow meter untuk pipa tidak penuh
Flow Meter Ultrasonic pada Pipa Sewer

Jadi prinsip dasar dari jenis flow meter ini adalah kombinasi 2 jenis sensor ketinggian dan kecepatan. Untuk melakukan pengukuran ketinggian permukaan air bisa menggunakan sensor level. Sedangkan untuk pengukuran flow velocity bisa mengunakan magnetic flow sensor atau ultrasonic flow sensor.

Dengan perhitungan velocity hasil flow sensor yang dipasang terhadap luas penampang channel akan didapat kapasitas aliran. Kapasitas aliran open channel flow meter  disebut dengan flow rate atau debit aliran dengan satuan volume per waktu.Cara kerja dari flow meter ini sebagaimana cara flow meter ultrasonic namun dikombinasikan dengan sensor level. Dimana sensor level ini bisa menggunakan jenis ultrasonic level atau radar level.

Electromagnetic flow meter

Untuk harga flow meter  air limbah jenis Magnetic  ada 2  jenis yaitu :

In line magnetic flow meter

    • Inline magnetic flow meter adalah jenis flow meter magnetic yang cara instalasinya dengan memotong pipa yang koneksinya bisa berupa flange, wafer atau ulir

      Flow Meter Air Limbah Flowma WMAG30
      Flow Meter Electromagnetic Flowma WMAG30

Insertion Magnetic Flow meter

Insertion magnetic flow meter adalah jenis flow meter magnetic yang cara instalasinya dengan cara melubangi pipa. Setelah pipa dilubangi dipasng fitting dan sensr magnetic dimasukan dalam pipa.

Seametrics IP100-200 and IP150-250
Seametrics IP100-200 and IP150-250

Dasar Harga Flow Meter air limbah

Harga Flow meter air limbah yang biasa beredar dilapangan tergantung pada spesifikasi flow meter yang digunakan. Flow meter yang digunakan ada beberapa model tergantung pada aplikasi dari jenis limbah, jenis material pipa, jenis installasi dan lainnya. Jenis serta model flow meter yang di gunakan juga harus mengacu pada spesifikasi serta tujuan di instalnya flowmeter limbah tersebut.

Cara Kerja Berbagai Tipe Flow Meter
Instalasi Flow Meter Electromagnetic

Untuk Mengetahui Harga flow meter air limbah sebaiknya kita menentukan dulu spesisikasi dan aspek aplikasinya. Dalam membuat spesifikasi agar pemilihan flow meter tepat dan sesuai dengan tujuannya  perlu kita perhatikan hal berikut ini yaitu   :

Beberapa point penting dalam menentukan Flowmeter Air Limbah yaitu

  • Kapasitas flow rate dari air limbah yang dideteksi oleh sensor flow meter.
  • Sifat dari air limbah yang tingkat keasaman cukup ekstrim perlu pemilihan bahan flow meter limbah.
  • Kekotoran dari air limbah serta temperature limbah sendiri untuk menentukan jenis flow meter.
  • Pressure aliran air limbah yang menggunakan pompa atau sistem gravitasi.
  • Kandungan air limbah mungkin mengandung getah, lumpur seperti bubur kertas atau kotoran solid lainnya.
  • Lokasi Instalasi flow meter indoor atau out door.
  • Tingkat proteksi ecetrical apakah perlu water proof (karena kemungkinan terendam air) akibat banjir atau jalur pipa di saluran pembuangan air hujan.
  • Jenis Indicator integral atau remote yang pasanganya didalam control room.
  • Jenis koneksi power electric AC atau DC atau dengan battery.
  • Jenis Koneksi body sensor, flange, fitting atau drat.
  • Jenis matrial flow sensor body Carbon steel, cast iron, Stainless steel atau Non Metal.

‘Jika ada beberapa jenis flow meter di anggap cocok untuk air limbah yang kita proses, sebaiknya anda memilih jenis flow meter air limbah yang mana, dalam flow sesnsor tidak mempunyai komponen yang berputar dan komponen yang menghalangi aliran air limbah dalam flow meter tersebut.

Seberapa mahal harga flow meter air limbah mungkin link berikut ini bisa dipakai sebagai referensi dasar dan ingat hanya untuk referensi aja bukan harga yang real time :

Baca Juga 

 

Share