Oil Skimmer : Cara Kerja, Jenis, dan Aplikasi

Oil Skimmer : Cara Kerja, Jenis, dan Aplikasi

Oil Skimmer adalah perangkat yang dirancang untuk menghilangkan minyak yang mengambang di permukaan cairan. Tergantung pada desain spesifiknya, mereka digunakan untuk berbagai aplikasi seperti respons tumpahan minyak, sebagai bagian dari sistem pengolahan air berminyak, menghilangkan minyak dari pendingin alat mesin dan pencuci bagian berair, dan mengumpulkan lemak minyak dan gemuk dalam pengolahan air limbah dalam makanan industri manufaktur.

Cara Kerja Oil Skimmer

Oil Skimmer digunakan untuk membantu dalam remediasi tumpahan Exxon Valdez pada tahun 1989. Oil Skimmer berbeda dari skimmer sanitasi kolam renang yang dirancang untuk tujuan yang terkait tetapi sama.

Oil Skimmer adalah alat mekanis sederhana yang menyaring permukaan cairan untuk menghilangkan minyak atau lemak yang mengambang menggunakan media skimming. Desain skimmer oli bervariasi sesuai dengan aplikasinya. Skimmer juga menggunakan berbagai jenis media skimming seperti belt, disk dan tali. Efisiensi oil skimmer didasarkan pada dua prinsip dasar fluida, Specific Gravity dan Surface tension.

Baca Juga : Oil Skimmer dan Purifying

Specific Gravity dan Oil Skimming

Berat jenis adalah rasio antara densitas satu fluida dan densitas fluida referensi. Ini juga disebut sebagai Kepadatan Relatif. Fluida referensi untuk cairan biasanya air sedangkan fluida referensi untuk gas adalah udara pada suhu kamar.

Minyak dan hidrokarbon biasanya memiliki berat jenis yang lebih rendah daripada air. Artinya, ketika campuran minyak dan air mengendap, minyak biasanya mengapung di permukaan air. Ini adalah tahap pertama pemisahan minyak dari air.

Tegangan permukaan adalah prinsip kedua yang memungkinkan terjadinya skimming oli. Ini mengacu pada afinitas molekul cairan yang dimiliki satu sama lain dan bahan lainnya. Minyak dan air memiliki karakteristik tegangan permukaan yang sangat berbeda. Ini membuat skimming minyak menjadi salah satu cara paling efektif untuk memisahkan dua cairan.

Baca Juga : 3F Series Floating Weir Oil Skimmers

Molekul minyak cenderung memiliki afinitas rendah terhadap molekul air. Ini membuat ikatan molekul lebih baik satu sama lain dan bahan lain daripada air. Saat bersentuhan dengan media skimming, molekul minyak secara alami menempel padanya dan memisahkan diri dari air. Air memiliki afinitas yang rendah terhadap minyak dan bahan lainnya, sehingga mudah lepas dari skimmer.

Jenis Oil Skimmer

Oil Skimmer Bendung

Karena minyak selalu mengapung di permukaan air, skimmer weir adalah cara yang sangat efektif untuk menghilangkannya. Bendung adalah penghalang di dekat permukaan badan air atau wadah yang mengubah karakteristik aliran air. Skimmer ini memungkinkan minyak di permukaan mengalir di atas bendung ke tangki pengumpul untuk dibuang. Skimmer weir dapat memiliki mekanisme penyesuaian ketinggian manual atau otomatis. Penyesuaian ketinggian membantu mempertahankan efisiensinya dalam berbagai tingkat air.

Baca Juga : Model 7V Brill® High Capacity 1-Inch Tube Type Oil Skimmer

Oil Skimmer Oleofilik

Bahan oleofilik memiliki afinitas tinggi terhadap minyak dan lemak. Mereka menarik dan menyerap molekul minyak lebih mudah daripada molekul air. Skimmer jenis ini menggunakan media oleophilic skimming untuk memastikan bahwa ia mengumpulkan jumlah minyak maksimum dari air. Mereka efektif saat menangani tumpahan minyak dengan ketebalan berapa pun.

Oil Skimmer Non-Oleofilik

Bahan non-oleophilic digunakan ketika skimmer oleophilic tidak sesuai. Hal ini dapat terjadi saat membersihkan cairan seperti pencuci bagian berair alkali yang panas. Skimmer oli non-oleofilik menggunakan bahan sabuk yang memungkinkan oli menempel pada sabuk dan dengan pendakian vertikal, kelebihan air mengalir kembali ke tangki. Skimmer oli sabuk jenis ini sangat ideal untuk berjalan terus menerus untuk kontaminasi oli intermiten. Ini juga menghilangkan minyak sebelum minyak berlebih menumpuk dan menyebabkan masalah lain yang tidak diinginkan seperti pertumbuhan bakteri.

Aplikasi Oil Skimmer untuk Kebutuhan Industri

Wastewater Sumps

Sebagian besar fasilitas manufaktur atau pemrosesan memiliki sistem air di mana limbah minyak dikumpulkan di tangki pusat atau bah. Skimming minyak terapung dengan kadar air sedikit dapat mengurangi biaya pembuangan dan menurunkan kewajiban kontinjensi dari pembuangan air limbah.

Baca Juga : Small Oil Skimmer NC-22

Coolants dan Cutting Fluids

Ketika pendingin mesin terkontaminasi dengan minyak gelandangan, empat hal biasanya terjadi:

  • Masa pakai pendingin berkurang;
  • Kualitas suku cadang mesin berkurang;
  • Dalam banyak kasus, asap akan mulai muncul di toko, menyebabkan iritasi pada pekerja di tempat kerja; dan
  • Cairan mengambil bau “telur busuk”. Skimmer minyak yang menghilangkan minyak gelandangan memecahkan masalah ini dan biasanya membayar sendiri dalam beberapa bulan.

Heat Treating

Minyak quench yang harus dihilangkan dari bagian yang diberi perlakuan panas dapat ditangkap untuk digunakan kembali atau dibuang. Hasilnya adalah biaya minyak quench yang lebih rendah, masa pakai air cucian yang lebih lama, dan biaya pembuangan yang lebih rendah.

Parts Washers

Minyak apung mengontaminasi kembali bagian-bagian saat dikeluarkan dari tangki pencuci. Skimmer minyak dapat menghilangkan minyak ini. Manfaat menggunakan skimmer oli adalah suku cadang bebas oli dan masa pakai cairan yang lebih lama.

Food Processing Facilities

Penghapusan minyak nabati, gemuk, dan lemak hewani dari aliran air limbah pabrik mengurangi biaya pemrosesan dan pembuangan.

Steel Mills/Scale Pits

Sebagian besar pabrik baja memiliki lubang kerak di mana lemak dan minyak berat menumpuk. Untuk menghindari denda dari pemerintah dan saringan pasir yang mahal, pabrik baja harus membatasi jumlah minyak dalam air limbah yang dibuang ke lingkungan. Gemuk dan oli yang direklamasi dapat digunakan kembali atau digunakan sebagai bahan bakar tungku, menghindari biaya pembuangan truk pengisap.

Parking Lots, Garages and Service Facilities

Limbah minyak dari kebocoran, tumpahan dan sumber lain harus diambil dari tempat penampungan sebelum air dapat dibuang ke saluran pembuangan badai atau sanitasi.

Outdoor Ponds, Lakes, Basins, Etc.

Di mana minyak terapung hadir, skimmer minyak memberikan penghilangan yang murah dan efektif, memecahkan masalah lingkungan yang serius.

Recovery/Monitoring Wells

Memindahkan minyak, bahan bakar, dan cairan hidrokarbon lainnya dari sumur dapat lebih hemat biaya menggunakan sabuk skimmer daripada pompa sumur bawah. Skimmer oli hampir tidak memiliki masalah perawatan dan dapat mencapai kedalaman 100 kaki atau lebih, menghilangkan produk meskipun permukaan air berfluktuasi. Skimmer minyak dapat menangani cairan yang sangat kental dengan mudah dan beberapa.

Baca Juga : Mass Flow Meter untuk Minyak Goreng

[Bonus] Cara Memilih Oil Skimmer Dengan Tepat

Ada beberapa jenis skimmer minyak industri. Memilih satu yang paling cocok untuk aplikasi Anda akan memaksimalkan penghilangan oli sekaligus meminimalkan pengeluaran modal dan biaya pengoperasian skimmer oli. Pertama, tentukan aplikasi dalam hal karakteristik berikut:

Kondisi operasi

Semua skimmer minyak memiliki media bergerak, dan mungkin bagian lain, terendam dalam cairan. Performa dan masa pakai media pick-up, bilah penghapus, puli, dll. dipengaruhi oleh kondisi yang berbeda. Kondisi tersebut meliputi suhu masuk dan keluar cairan, pH larutan, dan adanya pelarut atau bahan kimia reaktif lainnya.

Material berbahaya

Aplikasi yang melibatkan bahan yang mudah terbakar atau uap yang mudah meledak memerlukan penggunaan motor dan kontrol anti ledakan atau penggerak udara.

Suhu / Viskositas

Semua skimmer minyak membutuhkan minyak terapung dalam keadaan cair dan mengalir bebas. Jika oli membeku atau mengeras pada suhu sekitar, tangki dan/atau skimmer oli akan membutuhkan pemanas untuk mempertahankan aliran fluida. Hal ini terutama berlaku pada suhu yang cukup rendah untuk membekukan air. Opsi pemanas adalah suatu keharusan jika skimmer oli akan digunakan di luar ruangan dalam suhu beku.

Kapasitas Penghapusan

Peringkat

Skimmer minyak biasanya memiliki tingkat penghilangan minyak yang dinyatakan dalam galon per jam. Kecepatannya bervariasi dengan viskositas oli, jadi Abanaki mengukur skimmer menggunakan oli motor berbobot SAE 30 pada 65°F (18°C). Saat menentukan kapasitas pembuangan, lebih baik melakukan kesalahan di sisi yang tinggi untuk memungkinkan puncak masuknya minyak.

Kandungan air

Semua skimmer minyak mengambil air dengan minyak yang mereka keluarkan. Beberapa desain, terutama skimmer hisap, mengambil lebih banyak air daripada yang lain. Kandungan air yang tinggi meningkatkan daur ulang minyak dan biaya pembuangan. Umumnya, rasio air-ke-minyak menurun dengan lapisan minyak terapung yang lebih tebal dan media pengambilan yang bergerak lebih lambat.

Minyak sisa

Skimmer minyak terus menghilangkan minyak selama ada. Tergantung pada tingkat masuknya minyak dan tingkat penghilangan skimmer minyak, sisa minyak di dalam air mungkin serendah beberapa bagian per juta. Ketika minyak residu mencapai tingkat ini dan pengurangan lebih lanjut diperlukan, mungkin lebih praktis untuk menggunakan metode penghilangan sekunder setelah skimming, seperti filtrasi membran.

Portabilitas

Portabilitas skimmer oli merupakan nilai tambah dalam beberapa aplikasi. Misalnya, di pabrik, toko servis peralatan bergerak, dan di lokasi remediasi, skimmer oli portabel terkadang dapat melayani beberapa mesin, bak, atau sumur.

Karakteristik Tangki atau Sump

Lokasi, bentuk, dan kapasitas tangki atau penampung air merupakan faktor utama dalam memilih skimmer oli yang tepat. Juga pertimbangkan fluktuasi ketinggian air, turbulensi, dan kemungkinan emulsi. Meskipun skimmer minyak tidak menyebabkan emulsi, mereka dapat mengalami kesulitan menghilangkan jenis tertentu.

Ukuran/Desain

Minyak dan air dapat teremulsi ketika mengalami turbulensi dan agitasi mekanis lainnya. Hindari hal ini dengan mengembalikan air ke tangki di bawah permukaan cairan dengan kecepatan serendah mungkin. Pastikan tangki atau bak Anda menyediakan area yang tenang, bendung, dan volume yang cukup untuk memberikan waktu yang cukup untuk pemisahan minyak/air.

Membentuk

Tangki tanpa sudut dan celah tempat minyak menumpuk adalah yang terbaik. Jika Anda memiliki bentuk yang tidak beraturan, letakkan skimmer oli di tempat akumulasi oli paling banyak. Pertimbangkan cara mengarahkan oli ke skimmer oli seperti boom mengambang atau pelat penyekat.

Lokasi/Instalasi

Lokasi fisik dan karakteristik tangki dan wadah pengumpul adalah penting. Apakah oli skim perlu dipompa dari skimmer oli ke wadah? Apakah akses skimmer oli untuk perawatan berkala menjadi masalah? Berapa banyak ruang pemasangan yang tersedia? Apakah modifikasi tangki atau wadah diperlukan? Sistem skimming oli yang murah dengan cepat kehilangan daya tariknya ketika biaya untuk komponen tambahan, peningkatan perawatan, dan modifikasi tangki yang mahal terlibat.

Oil Skimmer
Oil Skimmer

Perbedaan Jenis Oil Skimmer

Untuk skimming oli industri, ada enam desain dasar yang biasa digunakan:

  1. Belt Skimmers
  2. Disk Skimmers
  3. Drum/Barrel Styles
  4. Mop Skimmers
  5. Large Tube Skimmers
  6. Mini Tube Skimmers
  7. Floating Suction Skimmers

Belt Oil Skimmer

Belt Oil Skimmer menggunakan sabuk tak berujung dari baja tahan korosi atau media sintetis, yang diturunkan ke dalam tangki atau bejana untuk disaring. Sabuk melewati bilah penghapus tangguh di mana oli dikeluarkan dari kedua sisi media. Mesin belt menyediakan metode sederhana, dapat diandalkan, dan hemat biaya untuk menghilangkan minyak, gemuk, dan hidrokarbon lain dari air.

Disk Skimmer

Oil Skimmer ini memutar media berbentuk cakram melalui cairan. Minyak dihapus dan dibuang ke wadah pengumpulan dengan cara yang mirip dengan skimmer minyak sabuk. Penting untuk mempertimbangkan jangkauan, bagian disk yang benar-benar terendam, saat melihat skimmer oli disk. Lebih sedikit disk dalam cairan berarti lebih sedikit minyak yang dikeluarkan. Jelas, cairan yang berfluktuasi bisa menjadi masalah nyata bagi skimmer oli disk.

Drum/Barrel Styles

Ini mirip dengan jenis disk, tetapi menggunakan media berbentuk drum yang berputar. Dibandingkan dengan jenis disk, mereka biasanya lebih kasar dan memiliki kapasitas penghapusan yang lebih tinggi. Tergantung pada desainnya, unit-unit ini juga dapat menjadi tidak efektif dengan fluktuasi level cairan. Juga, pengambilan air dengan skimmer minyak jenis ini bisa tinggi.

MOP Oil Skimmer

Skimmer minyak ini menggunakan media tak berujung berbentuk seperti tali dan memiliki sulur seperti pel yang mengambil minyak. Saat media meninggalkan cairan dan memasuki unit penggerak, media ditekan dan diperas dengan rol penjepit. Untuk oli dengan viskositas lebih tinggi, media cenderung menjadi kusut dan kehilangan keefektifannya. Sistem penuangan adalah suatu keharusan untuk unit-unit ini, karena pengambilan air bisa sangat tinggi. Juga, pel minyak pengganti bisa sangat mahal, jadi periksa harga penggantian sebelum membeli.

Large Tube

Oil Skimmer Tabung menggunakan selang plastik mengambang yang meliuk di atas permukaan cairan dan kemudian ditarik kembali melalui unit penggerak tempat oli dihilangkan. Desain ini membutuhkan luas permukaan yang relatif besar untuk pengoperasian yang tepat. Skimmer minyak ini dapat meluncur dari tangki yang sangat dangkal. Biasanya, kapasitas pelepasan lebih rendah dari skimmer oli tipe sabuk, drum atau pel.

Mini Tube

Sangat mirip dengan unit tabung besar, tetapi gunakan tabung 3/16″ atau 5/16″ alih-alih 1″. Tingkat pengambilan bervariasi dari 1 liter/jam hingga 1,5 gph tergantung pada diameter tabung. Unit ini cukup kompak, dan bisa muat di tempat yang sempit. Unit yang lebih baik akan memiliki motor yang dipasang di bawahnya, untuk membawa ruang yang dibutuhkan di atas bibir tangki hingga mendekati nol. Tabung berdiameter 5/16″ lebih disukai karena memiliki kapasitas penghilangan 1 gph dan kekakuan yang cukup untuk tidak menyeret rumahan dan menyeka minyak sebelum waktunya saat ditarik ke dalam unit.

Floating Suction Skimmers

Ini datang dalam beberapa bentuk, tetapi semuanya memiliki asupan mengambang. Mereka paling cocok untuk lapisan minyak yang relatif tebal (1/4 inci atau lebih tinggi); jika tidak, mereka cenderung menelan air dalam jumlah besar. Beberapa mesin benar-benar akan mengemulsi minyak karena mengaduk saat melewati pompa hisap. Skimmer minyak jenis ini membutuhkan penggabungan atau setidaknya unit penuang agar efektif. Penggerak standar pada semua unit adalah motor listrik dan peredam gigi. Jenis drive lain yang tersedia.

Baca Juga : Flow Meter Minyak CPO dengan Sensor Coriolis Mass Flow

Demikian Artikel dari “Oil Skimmer : Cara Kerja, Jenis, dan Aplikasi” Semoga dapat membantu dalam menjawab semua pertanyaan dari artikel ini, semoga bermanfaat.

Share
%d bloggers like this: