Flow Meter Palm Oil Stearin dengan jenis Coriolis mass flow

Flow Meter Palm Oil Stearin dengan jenis Coriolis mass flow

Flow Meter Palm Oil Stearin atau Minyak CPO dalam prosesnya mengsasilkan 3 jenis minyak utama yaitu Olein, Fatty acid dan stearin. Minyak stearin ini dimasyarakat dikenal sebagi minyak lemak dari kelapa sawit.  Peralatan instrumentasi yang berupa alat ukur untuk mengukur aliran dari miyak stearin disebut dengan flow meter baik jenis mass flow maupun volumetrik flow.

Pada proses destilasi biasanya yang pertamakali dipisahkan aadlah minyka asam kemudian minyak stearin dan minyak olein. Minyak olein dan minyak sterin proses pemisahanya biasanya menggunakan mesin pres baik dengan sistem kontinyu maupun non kontinyu.

Untuk proses kontinyu minyak di alirkan dengan pompa dengan proses pendinginan saat minyak mengalir dalam pipa. Dari pendinginan ini akan terbentuk molekul2 minyak stearin akibat dari perbedaan temperatur pencairan yang berbeda andara lemak sterin dengan minyak olein.

Minyak stearin akan membeku atau membentuk partikel2 solid pada temperature ruangan atau lebih dingin lagi aitu dibawah 25 derajad celcius sedangkan minyak olein tetap cair. Dengan proses filterisasi minyak olein akan keluar dari filter sedangkan sterin terperangkap dalam filter. Untuk proses pemindahan minyak sterin biasanya dipanaskan dengan steam atau pemanas lainya pada temperature diatas 40 derajad celcius.

Flow Meter Palm Oil Stearin Jenisnya :

Guna mengukur aliran minyak stearin  dibutuhkan flow meter minyak yang mempunyai kecocokan dengan karakteristik :

  • Harga Minyak stearin  yang mahal membutuhkan flow meter dengan akurasi yang baik, diusahakan akurasi adalah 0.2% .atau lebih baik.
  • Sifat Minyak stearin  yang digunakan untuk proses makanan harus dipilihkan material flow meter dengan kelas  food grade
  • Karena Perubahan temperature baik karena temperature proses, temperature lapangan atau temperature transfer sebaiknya menggunakan mass flow meter.
  • Jenis mass flow meter ini tidak berpengaruh karena adanya perubahan temperature yg bisa membuat volume minyak stearin berubah

Flow meter untuk mengukur massa dari minyak stearin sebaiknya menggunakan flow meter mass flow meter dari jenis coriolis flow meter. Flow meter coriolis ini merupakan jenis flow meter yang real mengukur mass flow dari cairan yang melewati mass flow sensor yang dikirim ke flow transmitter. Satuan unit dari coriolis ass flow meter ini bis aberupa kg, ton, pounds dan unit mass lainnya.

Dikarenakan Coriolis flow meter menggunakan material stainless steel untuk type standart ini sudah bisa mewakili syarat industri pengolahan makanan yang menuntut kelas material food grade serta tahan terhadap korosi sehingga bisa juga dikatakan food grade flow meter

Sehubungan harga dari minyak Stearin  yang tidak murah Coriolis mass flow meter sangat cocok sekali guna mencegah dan mengurangi kerugian, yang disebabkan oleh selisih perhitungan dan pengukuran. Untuk akurasi dari mass flow meter jenis coriolis ini lumayan tinggi yaitu 0.2% hingga 0.1 % tergantung spesifikasi yang di inginkan.

Karena Coriolis mass flow meter bisa dipesan dengan custom, maka bisa digunakan untuk berbagai stadart dari stadart JIS, ANSI, DIN dan lainna. Begitu juga untuk jenis material bisa dapat dipilih dengan material untuk asam yang punya PH ekstrim, Temperature ekstrim dari -45 to +210°C.  Serta, bisa diaplikasikan pada pressure hingga 345 bars.

  Another Article:

Share
%d bloggers like this: