Pengertian, Cara Kerja, Aplikasi Oval Gear Flow Meter

Pengertian, Cara Kerja, Aplikasi Oval Gear Flow Meter

Oval Gear Flow Meter adalah pengukur aliran tradisional, mekanis, perpindahan positif (PD atau Positive Displacement Flow Meter), pertama kali ditemukan lebih dari 50 tahun yang lalu oleh OVAL Corporation Jepang dan sekarang banyak digunakan untuk aplikasi pengukuran aliran.

Pengertian Oval Gear Meter

Oval Gear Flow Meter dapat mengukur aliran dengan menggunakan rotor roda gigi untuk melewatkan volume fluida yang diketahui melalui wadah. Sepasang roda gigi yang disesuaikan dengan sangat tepat di dalam selubung membentuk elemen pengukur. Media yang mengalir menyebabkan pasangan roda gigi berputar. Gerakan putar dipindai oleh sensor tanpa kontak. Karena setiap gigi individu menghasilkan pulsa, ini menghasilkan resolusi yang sangat tinggi.

Positive Displacement Oval Gear Flow Meter
Positive Displacement Oval Gear Flow Meter

Akibatnya, bahkan volume terkecil pun dapat diukur atau diberi dosis dengan tepat. Unit pengukuran berisi dua pick-off yang secara melingkar diimbangi oleh? dari pitch gigi untuk menghasilkan sinyal frekuensi proporsional aliran 2 saluran. Pemrosesan sinyal yang sesuai memberikan resolusi yang lebih besar dan pilihan untuk mengidentifikasi arah aliran. Pada dasarnya, akurasi pengukuran meningkat dengan meningkatnya viskositas media.

Baca Juga : Jenis Positive Displacement Flow Meter untuk Oil

Cara Kerja Oval Gear Flow Meter

Oval Gear Flow Meter terdiri dari rotor roda gigi berbentuk oval yang berputar di dalam wadah geometri tertentu. Tekanan diferensial fluida menyebabkan roda gigi inter-meshing berputar, menjebak ‘kantong’ cairan antara roda gigi dan rumahan luar dan selanjutnya mengosongkan kantung fluida ke aliran hilir. Aksi kapiler dari cairan terukur membentuk segel cair.

Prinsip Kerja Oval Gear Flow Meter
Prinsip Kerja Oval Gear Flow Meter

Setiap ‘kantong’ menampung volume cairan yang tepat dan diketahui sehingga menghitung frekuensi saku memberikan pengukuran laju aliran volumetrik. Hal ini biasanya dicapai dengan menanamkan magnet di rotor, yang kemudian menggerakkan saklar buluh atau memberikan output pulsa saat mereka berputar dan dengan demikian aliran diukur secara elektronik.

Baca Juga : Macnaught M50 2” Mechanical Meter

Keutungan dari Oval Gear Flow Meter

  • Memiliki akurasi pengukuran yang tinggi, kesalahan dasar umumnya ± 0,5% R, khusus hingga ± 0,2% R atau lebih tinggi. Biasanya digunakan di media yang mahal atau di mana pengukuran yang tepat diperlukan.
  • Pengukuran aliran tidak tergantung pada keadaan aliran fluida. Artinya, meteran oval tidak memiliki pengaruh pada akurasi pengukuran ketika aliran rotasi dan jalur aliran choke pipa terdistorsi, dan tidak ada persyaratan untuk bagian pipa lurus hulu. Ini karena pengukur aliran roda gigi oval diukur dengan putaran roda gigi oval dengan tekanan dari media yang diukur. Ini sangat penting dalam penggunaan lapangan.
  • Pengukur aliran roda gigi oval dapat digunakan untuk pengukuran cairan dengan viskositas tinggi. Semakin besar viskositas media, semakin kecil jumlah kebocoran yang keluar dari roda gigi dan celah pengukuran.
  • Memiliki rasio turn down yang besar, biasanya 10:1 hingga 5:1, khusus hingga 30:1 atau lebih besar.
  • Ini adalah instrumen aliran pembacaan langsung. Itu bisa mendapatkan total aliran langsung tanpa sumber daya eksternal. Jelas dan mudah dioperasikan.

Baca Juga : Tips Memilih Tipe Flow Meter

Batasan Oval Gear Flow Meter

  • Pengukur aliran minyak mentah memiliki struktur yang rumit, volume besar dan berat yang berat, terutama pengukur aliran roda gigi oval berdiameter besar yang besar, sehingga umumnya hanya cocok untuk pengukur aliran ukuran kecil dan menengah.
  • Dapat digunakan untuk beberapa media terbatas, dan tidak dapat bekerja di media suhu tinggi.
  • Pengukur aliran roda gigi oval umumnya tidak cocok untuk aplikasi suhu tinggi dan rendah. Karena ekspansi termal dan deformasi bagian pada suhu tinggi, material menjadi rapuh pada suhu rendah, dan kisaran suhu saat ini sekitar -30-+160 ° C, dan tekanan maksimum adalah 10 MPa.
  • Ini hanya cocok untuk cairan fase tunggal yang bersih. Ketika mengandung partikel dan kotoran, perlu memasang filter di hulu, yang tidak hanya meningkatkan kehilangan tekanan, tetapi juga meningkatkan pekerjaan pemeliharaan; jika mengukur cairan yang mengandung gas harus dilengkapi dengan separator gas. Jika media cair yang diukur dicampur dengan gas, itu juga akan menyebabkan kesalahan pengukuran.
  • Keamanan flowmeter roda gigi oval buruk, seperti mendeteksi bagian yang bergerak macet, cairan tidak bisa lewat, sistem tabung aliran tidak bisa diterapkan. Namun, beberapa desain struktural memiliki bypass yang terpasang di dalam rumah. Ketika komponen aktif terdeteksi macet, cairan dapat melewati bypass.
  • Pengukur aliran roda gigi oval akan menggetarkan aliran selama proses pengukuran, dan pengukur diameter yang lebih besar juga akan menghasilkan kebisingan, bahkan pipa akan bergetar.

Baca Juga : Kytola Instruments

Aplikasi Oval Gear Flow Meter

Oval Gear Flow Meter adalah jenis flowmeter perpindahan positif. Ini adalah salah satu jenis flowmeters tipe yang paling akurat. Ini digunakan untuk pengukuran aliran kontinu atau intermiten yang tepat dalam cairan dengan viskositas lebih tinggi. Oval Gear Flow Meter dapat menampilkan aliran instan dan aliran total. Ini sangat cocok untuk minyak berat, alkohol polivinil, petro, resin, dll.

Baca Juga : FOG Series Pulse 08A

Pengukur aliran roda gigi oval memiliki akurasi yang tinggi, sehingga sering digunakan untuk mengukur jumlah total atau aliran media yang mahal di sektor industri seperti minyak bumi, kimia, pelapis, farmasi, dan energi. Oval Gear Flow Meter memiliki keunggulan unik dalam pengukuran minyak bumi. Alasan utamanya adalah efek pelumasan sendiri dari cairan itu sendiri, yang memungkinkan instrumen aliran beroperasi dalam jangka panjang dan stabil.

Baca Juga : Macnaught Meter Mount Display and Remote Display

Pengukur aliran roda gigi oval berkualitas tinggi dengan presisi tinggi, retensi kinerja jangka panjang, dan pengulangan yang baik digunakan sebagai pengukur aliran master standar untuk pengukuran laju aliran dalam kalibrasi pengukur aliran. Pengukur aliran roda gigi oval relatif besar, terutama untuk instrumen aliran berdiameter besar dengan aliran tinggi, yang secara bertahap digantikan oleh Turbine Flow Meter, Electromagnetic Flow Meter, Vortex Flow Meter, dan Coriolis Mass Flow Meter.

Share
%d bloggers like this: