Flow Meter Untuk Boiler

Fungsi dan jenis Boiler

Boiler atau Ketel uap adalah alat untuk merubah bentuk benda cair seperti air menjadi uap dengan cara pemanasan yang melampaui titik tididh air. Energi panas yang digunakan untuk merubah air menjadi steam tersebut melaui pembakaran baik dengan bahan gas, fuel atau benda padat yang dibakar dalam ruang bakar.

Steam atau energi panas yang dihasilkan boiletr dapat digunakan pada semua peralatan yang membutuhkan steam seperti memutar turnine, untuk memasak,  pemanasan ruang pengecatan, pemanasan minyak lewat heat exchangger atau yang lainnya.

Secara dasar Boiler digolongkan ke dua jenis yaitu Fire tube Boilre dan Water Tube Boiler. Untuk fire tube berarti water berada diluar pipa sedangkan water tube water ada dalam pipa dan pemanas di luar pipa atau tabung.

boiler
boiler

Ada komponen penting untyuk mengontrol dan mengukur sistem kerja boiler yaitu Temperature, Pressure, level, water quality, gkualitas gas buang dan Flow.

Alat untuk mengukur Flow meliputi jenis flow meter untuk air, untuk gas, untuk bahan bakar dan flow meter untuk steam. Ada 3 komponen utama flow meter yang dibutuhkan guna mendapatkan efisiensi dan performa boiler yaitu flow meter untuk air intake, flow meter untuk steam dan flow meter untuk bahan bakar jika menggunakan gas atau fuel oil.

Jenis Flow Meter untuk boiler

Steam bisa dikatakan jenis fluida campuran yaitu gas dan air yang terbentuk berupa titik-titik air yang menyatu dengan udara atau uap ai. Karena itu steam merupakan jenis fluida yang   paling sulit diukur. Hal ini disebabkan oleh tekanan tinggi dan suhu tinggi steam dan karena parameter pengukuran bervariasi dengan jenis steam. Jenis utama uap ini termasuk uap basah, uap jenuh, dan uap super panas. Steam sering diukur di pabrik untuk proses pemanas dan untuk pembangkit turbine di pembangkit listrik PLTU.

Jenis Flow meter Vortex cukup sesuai jika digunakan untuk mengukur flow steam Selain kemampuannya untuk mentolerir suhu dan tekanan proses yang tinggi, flow meter vortex  menawarkan jangkauan yang luas, yang memungkinkan pengukuran aliran uap pada berbagai kecepatan aliran steam.

Flowmeter Vortex bekerja berdasarkan prinsip efek Von Kármán, yang menjelaskan bagaimana vortex terbentuk di belakang benda penghalang ketika steam melewatinya. Vortex yang merupakan pusaran inilah yang bisa diukur. Sensor akan menghitung jumlah pusaran, atau vortisitas, dan kecepatan vortex yang berputasr menjauhi sensor vortex akan bergerak yang bisa menentukan kecepatan di mana steam melewati meteran.

Dalam flowmeter vortex, halangan di jalur aliran – disebut sebagai bluff body atau shedder bar – menyebabkan steam proses terpisah dan membentuk area tekanan diferensial bolak-balik, yang dikenal sebagai vortisitas, di sekitar bagian belakang shedder bar.

Pusaran yang merupakan efek vortexmenyebabkan elemen penginderaan kecil di badan meter pusaran berosilasi bolak-balik pada frekuensi tertentu. Gerakan mekanis ini diubah menjadi sinyal listrik melalui sensor pusaran, dan sinyal listrik melewati sirkuit untuk menuju ke pemancar, yang mendeteksinya sebagai frekuensi. Laju volumetrik dihitung dengan mengambil frekuensi  jumlah pulsa yang sedang dibaca dan membaginya dengan faktor K unik meter pusaran, yang merupakan faktor kalibrasi.

Flow meter Air Boiler

Air yang akan dimasaukan ke boiler pada umumnya adalah air yang telah di treatment dimana kandungan partikel solid atau yang lainnya mendekati zero termasuk scale agar tidak terjadi endapan atau kerak di dalam ruang masak, yang akan menurunkan efisiensi pertukaran panas pambakaran.

Flow meter air boiler yang cocok adalah flow meter yang mempunyai ketahanan panas sekitar 90 derajad celcius, serta mampu menedteksi aliran air dengan  konductivitas rendah, dani bisa amenggunakan flow meter jenis Vortex flowmeter, Differensial pressure flow meter, Variable area flow meter dan ultrasonic flow meter

Flowmeter yang cocok untuk air feed ke dalam mesin boiler adlah jenis vortex karena selain mempunyai jenis pressure t=yang tinggi juga cukup handal untuk temperature air yang panas.

Flow Meter Bahan Bakar

Untuk bahan bakar yang digunakan untuk jenis boiler fire tube,  biasanya yang dibunakan ada gas atau fuel oil, yang mana flow meter yang digunakan bis amenggunakan positive displacement flow meter, thermal mass flow meter, vortex flow meter, Turbine flow meter dan jenis lain yang mempunyai akurasi yang baik. Pemilihan flow meter ini harus mampu mendeteksi aliran yang kecepatanya rendah dan disesuaiakan dengan kapasitas debit dari bahan bakar.

Untuk penggunaan bahan bakar gas bisa menggunakan jenis flow meter Vortex, flow meter turbine atau flow ,meter thermal mass. Sedangkan untuk Bahan bakar cair atau fuel oil bis amengunakan flow meter coriolis mass flow, flow meter positive displacement atau turbine flow meter.

Flow Meter Steam

Steam adlah uap air yang dihasilkan proses mesin boiler dan biasnaya mempunyai pressure tinggi serta temperature diatas 120 derajad celcius dan biasanya bis amencapai 275 derajad celcius dan utnuk super heater bisa hingga 360 derajad celcius.

Ada dua jenis flow meter yang biasanya di guankan untuk steam yaitu flow meter differencial pressure flow meter jenis orrifice flow meter adan vortex flow meter. Dan berdasarkan pemakaian saat ini sangat disukai jenis vortex flow meter yang bisa dikompensasikan dengan pressure dan temperature sekaligus sehingga bis adiketahui mass flow meternya.

Flow meter steam jenis Orrifice

Flowmeter jenis differensial pressure flow meter type orrifice merupakan jenis flow meter yang banyak digunakan untuk mengukur flow rate steam. Orrifive flow meter yang digunakan untk mengukur steam ini memiliki banyak kelebihan dan kekurangan yang sama untuk mengukur aliran cairan dan gas. Kerugian flow meter orrifice ini adlah terjadinya penurunan tekanan, gangguan aliran, dan keausan seiring waktu. Orrifive flow meter juga memiliki jangkauan yang terbatas dan bergantung pada metode akar kuadrat untuk menghitung aliran.

Di satu sisi, Orrifive flow meter menawarkan beberapa keuntungan yang cukup menarik dalam hal pengukuran aliran steam. Misalnya, flowmeter relatif murah dan menawarkan pemasangan yang mudah. Orrifive flow meter juga merupakan metode pengukuran aliran yang paling banyak dipelajari dan paling dipahami, dan differencial pressure flow meter model multivariabel mampu mengukur lebih dari satu variabel proses, seperti tekanan diferensial, tekanan proses, dan suhu, yang pada gilirannya memungkinkan pengukuran aliran massa. .

Flowmeter steam jenis Vortex

Vortex flow meter bekerja berdasarkan prinsip efek Von Kármán, yang menjelaskan bagaimana pusaran terbentuk di belakang sepotong benda penghalang  ketika steam melewatinya. Pusaran inilah yang bisa diukur. Sensor menghitung jumlah pusaran, atau vortisitas, dan seberapa cepat mereka bergerak menentukan kecepatan di mana cairan melewati meteran.

Dalam vortex flowmeter, bluff body adalah sepotong material dengan bagian depan yang lebar dan rata yang dipasang pada sudut kanan ke aliran aliran. Kecepatan aliran sebanding dengan frekuensi vortisitas. Laju aliran dihitung dengan mengalikan luas pipa dengan kecepatan aliran.

Dalam instalasinya  Up stream dan down stream dari flow meter vortex bisa dikatakan lebih pendek dari orrifice flow meter. Flowmeter Vortex bisa mendapatkan akurasi penuh dalam 35 diameter upstream dan 5 diameter di down stream; namun, dalam beberapa kasus, vortex meter dapat dipasang hanya dengan 10 diameter pipa di upstream dan 5 diameter di bagian down stream. Dalam banyak aplikasi instalasi, ada penghematan biaya yang signifikan dalam menggunakan vortex dibandingkan dengan differensial pressure flow meter, karena akan ada jalur pipa yang lebih pendek tanpa memerlukan jalur impuls.

Flow meter vortex  menghasilkan pengukuran aliran yang akurat dan andal dengan harga yang kompetitif. Meskipun flow meter vortex tidak seakurat meter Coriolis, Namun dapat memberikan  pembacaan akurasi lebih baik dari 1%, tergantung pada fluida dan aplikasinya. Walaupun tidak seandal magnetic flow meter dan coriolis mass flow meter, flowmeter vortex jauh lebih baik daripada orrifice differensial pressure flow meter. Penurunan tekanan dari vortex meter minimal, karena sebagian besar shedder bar berukuran relatif kecil.

Fitur Umum Vortex Flow Meter

  • Flange & body: potongan ditempa secara integral, itu akan menghindari terurai menjadi potongan-potongan. 100% materi SS304, kami dapat memberikan laporan materi.
  • Papan Sirkuit: papan sirkuit digital, anti sebagian besar pemasok menggunakan papan sirkuit analog, papan sirkuit digital menikmati keuntungan dari anti-getaran dan anti-gangguan.
  • Flow converter: Desain modular yang khas, amatir dapat beroperasi, membongkar dan merakit dengan mudah, itu akan menghindari risiko kecelakaan.
  • Pengelasan: mengadopsi teknologi skala ikan canggih, yang membuat jahitan pengelasan terlihat bagus dan halus.
  • teknologi OVAL Jepang dengan sensor tipe tertanam, prisma segitiga tidak akan jatuh, kami sudah mengajukan permohonan paten.
  • Sensor suhu medium kami dapat mengukur suhu tertinggi sekitar 350 ℃, normal -40 ~ 250 ℃

Spesifikasi vortex flow meter

Berikut ini spesifikasi Umum Flow meter VortexMeter

Size DN15-DN300mm (flange and flange card),
DN100-DN2000mm (Insertion)
Medium Temperature Liquid, Gas, Steam
Accuracy ±0.75% of reading (liquid), ±1.0% of reading (gas and steam)
Nominal pressure 1.6MPa,2.5MPa,4.0MPa
Protection Grade IP65
EX-proof Class ExdIIB T6 Gb
Body Material SS304,SS316
Medium Temperature -20℃~+100℃, -20℃~+250℃,  -20℃~+350℃
Signal Output 4~20 mA (two-wire), pulse (three wires)
Power supply 24VDC, 3.6V lithium
Ambient Temperature -25℃~+55℃
Humidity 5~90% RH
Pressure loss Resistance coefficient    CD≤ 2.4
Connection Flange: DN15-DN300
Flange Card: DN15-DN300
Insertion: DN100-DN2000
Communication RS485

Flow Rate and Range

Medium Liquid  (m3/h) Gas (m3/h)
Condition (T=20℃ ρo =1000 Kg/m3) (T=20℃ 101325 Pa Air)
DN (mm) Standard Extended Standard Extended
20 1~8 0.6~12 5~50 5~60
25 1.5~12 0.8~16 8~80 8~120
40 2.5~30 1.5~40 20~200 18~300
50 3~50 2~60 30~300 30~500
65 5~80 3~90 50~500 50~900
80 8~120 5~150 80~1000 60~1200
100 12~200 6~240 100~1000 100~2000
125 20~300 13~390 150~1600 150~3000
150 30~400 15~600 250~2500 200~4000
200 40~800 30~1200 400~4000 350~8000
250 80~1200 40~1600 600~6000 500~12000
300 100~1800 1000~10000 1000~10000 600~18000

 

Share
%d bloggers like this: