Komponen Sistem Hidrolik pada Industri

Komponen Sistem Hidrolik pada Industri

Sistem hidrolik adalah teknologi penggerak di mana fluida (oil) digunakan untuk memindahkan energi dari misalnya motor listrik ke aktuator, seperti silinder hidrolik. Fluida ini secara teori tidak terkompresi dan jalur fluida bisa fleksibel dengan cara yang sama seperti kabel listrik.

Instalasi MAin Cylinder hydraulic
Instalasi Mesin Hydraulic Press

Kegunaan Mesin Hidrolik

Sistem hidrolik digunakan di mana kekuatan dan kecepatan diperlukan untuk proses. Ini khususnya terjadi di semua jenis peralatan bergerak seperti excavator dan dalam sistem industri seperti alat pres.

Dalam turbin angin, hidrolika digunakan untuk kontrol pitch dan brake control dan dalam sistem bantu seperti hatches, crane dan alat berat lainnya juga ditenagai oleh sistem hidrolik.

Komponen Sistem Hidrolik

Secara visual, semua sistem hidrolik pada dasarnya sama, terlepas dari aplikasinya. Ada enam komponen dasar yang diperlukan untuk mengatur sistem hidrolik:

Sistem hidrolik
Sistem hdrolik Sederhana menggunakan aktuator hidrolik linier
  1. Reservoir/Tangki (gambar A) untuk menahan cairan (biasanya oli hidrolik)
  2. Pompa (gambar C) untuk memaksa cairan untuk dialirkan ke sistem
  3. Motor listrik (gambar B) atau sumber daya lain untuk menggerakkan pompa
  4. Katup/Valve  untuk mengontrol arah, tekanan, dan laju aliran cairan

Ada beberapa valve yang digunakan pada sistem diatas dengan fungsi yg berbeda:

  • Maximum Pressure / Relief Valve (gambar D) untuk menjaga tekanan agar tidak melebihi kapasitas
  • Directional Valve (gambar E) untuk mengarahkan fluida menuju sirkuit yang berbeda pada sistem hidrolik atau untuk mengontrol atau mengatur arah gerakan aktuator.
  • Flow control Valve (gambar F) untuk mengontrol volume aliran oli supaya kecepatan motor hydraulic dan silinder dapat dikontrol.
  • Check Valve (gambar G) untuk mengatur fluida hanya mengalir ke satu arah
  1. Aktuator (gambar H) untuk mengubah energi cairan menjadi gaya mekanis atau torsi,  untuk melakukan pekerjaan yang bermanfaat. Aktuator dapat berupa silinder yang memberikan gerakan linier atau motor yang menyediakan gerakan putar dan
  2. Perpipaan untuk membawa cairan dari satu lokasi ke lokasi lain.

Tingkat kecanggihan dan kompleksitas sistem hidrolik bervariasi tergantung pada aplikasi spesifik.

Dalam satu set sistem hidrolik membutuhkan power syterm lengkap yang berisi motor listrik, pompa, kopling poros, reservoir, dan lain-lain pipa, pengukur tekanan, katup, dan komponen lainnya  yang diperlukan untuk pengoperasian.

 

Share