Indikator Aliran Sinyal Untuk Oli Maeda Koki 3/8 Inch

Indikator Aliran Sinyal Untuk Oli Maeda Koki 3/8 Inch menggunakan instrumen rheoskop oil sight glass yang berfungsi untuk mendeteksi atau mengukur viskositas (kekentalan) oli.

Pengertian Oil Sight Glass

Indikator Aliran Sinyal Untuk Oli Sight glass oli adalah tabung atau mangkuk transparan yang dipasang di tangki atau reservoir yang memungkinkan siapa saja untuk memeriksa secara visual apa yang terjadi dengan cairan di dalam wadah. Sight glass oil adalah istilah yang mencakup semua untuk berbagai jenis sight glass yang akan kita bahas di bawah ini. Penggunaan dan aplikasi umum untuk sight glasses terbukti sangat berguna untuk memantau kualitas dan kuantitas oli atau pelumas di dalam pipa, tangki, dan reservoir. Anda akan menemukannya di peralatan di berbagai industri seperti:

  • Pabrik manufaktur
  • Farmasi
  • Makanan dan minuman
  • Bahan Bakar Nabati
  • Instalasi pengolahan air limbah
  • Pabrik kimia

Sight glasses umumnya ditemukan di industri yang menggunakan sistem bertekanan seperti boiler, pembangkit uap, produksi semen, dan bahkan tempat pembuatan bir. Menggunakan sight glass adalah cara yang aman untuk memeriksa level dan kualitas cairan bertekanan tanpa perlu membuka tangki atau reservoir. Sebagian besar sight glass oli modern menawarkan tampilan 360 derajat dan terbuat dari akrilik, poliamida, dan bahkan kopoliester performa tinggi baru yang akan kita bahas nanti.

Jenis Oil sight glasses

oil sight glasses biasanya datang dalam beberapa variasi dari dua bentuk: bullseye dan kolumnar. Namun, dengan teknologi dan kecerdikan modern, perusahaan mulai memproduksi sight glasses dan monitor dengan kualitas lebih tinggi, seringkali dengan komponen multifungsi atau menggabungkan beberapa komponen. Kami akan melihat lima jenis oil sight glasses yang umum di pasaran saat ini, lihat beberapa produk oil sight glasses canggih dan lihat apa yang bisa mereka lakukan untuk Anda.

  • Bullseye sight glasses terbuat dari bahan transparan seperti kaca, akrilik atau poliamida. Mereka terhubung ke port yang langsung di atas permukaan minyak di reservoir. Bullseye sight glasses sangat bagus untuk memeriksa level oli karena tidak ada pipa yang dapat memberi Anda pembacaan level yang salah. bullseye sight glasses tradisional menawarkan jendela pandang yang datar dan transparan.
  • Columnar sight glasses dipasang pada komponen yang mengandung oli di dekat lubang pembuangan. Mereka biasanya terbuat dari akrilik atau kaca dan memungkinkan visualisasi tingkat minyak yang berfluktuasi naik dan turun. columnar sight glasses harus dapat “bernapas” karena level oli berfluktuasi, jadi Anda harus menghubungkannya ke ruang kepala menggunakan tabung panjang atau tabung fleksibel, yang pada gilirannya terhubung ke pengering udara. Penting juga untuk menandai level oli idle dan running untuk referensi saat level dimatikan. Salah satu kelemahan kaca penglihatan kolumnar adalah tidak terlihat dengan jelas adanya busa, karena oli yang masuk ke kolom berasal dari dasar bah, memungkinkan udara keluar.
  • The 3D sight glasses adalah sight glasses bullseye yang baru dan lebih baik. 3D sight glasses Luneta (ditampilkan di kanan) adalah contoh yang bagus dari 3D sight glasses modern. Perbedaan yang paling jelas adalah bahwa 3D sight glasses menawarkan visual 360 derajat oli dengan bagian depan yang rata dan garis bidik untuk memeriksa level oli. Sebagian besar 3D sight glasses dibuat dengan kaca, akrilik, atau poliamida. sight glasses Luneta menggunakan bahan kopoliester bening yang disebut Tritan, yang memberikan visualisasi 3D sight glasses yang optimal dan peringkat daya tahan tertinggi dari semua 3D sight glasses yang ada di pasaran.
  • Bottom sediment and water (BS&W) bowls adalah perangkat 2-in-1 yang berfungsi sebagai kaca penglihatan dan mangkuk BS&W, sehingga Anda dapat memeriksa oli secara visual dan melihat potensi kotoran dan kontaminan berbahaya seperti air dan sedimen. Contoh kami menunjukkan Luneta’s Bowl – kombinasi kaca penglihatan BS&W/yang terbuat dari kopoliester Tritan tahan benturan yang sama dengan kaca penglihatan 3D perusahaan. Mangkuk menggunakan sumbat pembuangan magnet tanah yang langka untuk menarik puing-puing saat mesin bekerja, menarik partikel ke bawah dan memungkinkan Anda mengalirkan kontaminan dengan mudah.
  • Condition Monitoring Pods (CMPs) seperti sight glass oil all-in-one berkat fungsi multi guna mereka. CMP Luneta memiliki kaca penglihatan 3D yang menawarkan tampilan 360 derajat sehingga Anda dapat memeriksa level oli, warna, dan kejernihan serta apakah ada busa, korosi, atau serpihan aus. Ini juga termasuk steker magnet yang terlihat di dalam kaca untuk menangkap puing-puing aus dan membuatnya mudah terlihat. Kaca penglihatan berputar, memungkinkan Anda melepas sumbat magnet dan indikator korosi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu, CMP Luneta mencakup katup pengambilan sampel built-in dengan tabung pilot terpasang untuk pengambilan sampel oli zona langsung. Seperti produk perusahaan lainnya, CMP terbuat dari kopoliester Tritan.

Keuntungan Menggunkan Oil Sight Glass

Saat ini, kacamata oli direkayasa agar lebih kuat dari sebelumnya dan berfungsi sebagai alat serbaguna, sehingga Anda tidak hanya dapat memeriksa dan memantau level oli dan mendeteksi serpihan keausan, tetapi bahkan dapat mengambil sampel oli dari perangkat yang sama. Manfaat yang akan Anda lihat dari memakai kacamata modern meliputi:

  • Pemantauan level oli yang jelas dan ringkas. Untuk pemantauan level oli yang optimal, cari kaca penglihatan oli 3D dengan garis bidik di bagian depan yang datar atau kaca penglihatan berbentuk kolom dengan level oli yang tepat ditandai pada tabung.
  • Pemantauan kondisi oli yang bersih dan ringkas. Produk seperti Luneta’s Bowl dan CMP membantu Anda menarik, melihat, dan bahkan mengekstrak puing-puing aus dan kontaminan lain yang mungkin ada dalam oli Anda untuk diuji.

Misalnya, Anda memasang oil sight glass di tangki. Kemudian, selama pemeriksaan rutin, Anda melihat busa di sight glass. Busa dalam oli atau pelumas Anda menghasilkan pengurangan sifat pelumas oli, yang pada akhirnya menyebabkan keausan dan kegagalan sistem. Busa adalah gejala dari banyak masalah, seperti kontaminasi air atau padat, masalah mekanis yang menyebabkan terlalu banyak aerasi, atau kontaminasi silang pelumas. Tanpa kaca penglihatan, Anda mungkin tidak mendeteksi keberadaan busa untuk sementara waktu, karena Anda harus membuka tangki secara manual untuk melihat, yang akan membuat pelumas lebih berpotensi terkontaminasi.

Baca Juga : Glass Tube Flow Meter : Definisi, Prinsip Kerja, dan Aplikasi

Demikian Artikel “Indikator Aliran Sinyal Untuk Oli Maeda Koki 3/8 Inch” Semoga artikel ini dapat membantu menjawab dan menambah wawasan para pembacanya, sekian dan terimakasih.

Share
%d bloggers like this: