Float Level Transmitter

Float Level Transmitter

Level Transmitter adalah instrumen yang menyediakan pengukuran level konstan. Pemancar level digunakan untuk menentukan level padatan atau cairan curah tertentu pada waktu tertentu. Pemancar Level berbeda dengan sakelar level, yang hanya membunyikan alarm ketika level material mencapai level yang telah ditentukan.

Float Level Transmitter

Float Level Transmitter adalah sensor level kontinu yang menampilkan pelampung magnet yang naik dan turun saat level cairan berubah. Pergerakan pelampung menciptakan medan magnet yang menggerakkan sakelar buluh tertutup rapat yang terletak di batang sensor level, memicu sakelar untuk membuka atau menutup.

Variasi yang berbeda dari sakelar apung digunakan untuk aplikasi komersial dan industri yang melibatkan air, minyak, bahan kimia, dan bahan cair lainnya. Ada opsi pemasangan vertikal dan pemasangan samping, dan pilihan batang yang terbuat dari plastik keras atau logam non-magnetik seperti baja tahan karat.

Continuous Float Level Transmitter MPX API 18.2
Continuous Float Level Transmitter MPX API 18.2

Jenis Level Transmitter

Ada enam jenis utama pemancar level. Masing-masing pemancar ini bekerja dengan cara yang berbeda, membuatnya berguna untuk sejumlah jenis proses yang berbeda.

Radar Fill Level Transmitters

Pemancar tingkat pengisian radar, menggunakan emisi gelombang radio seperti radar. Biasanya, perangkat ini dipasang di atau di dekat bagian atas tangki berisi cairan. Pemancar itu sendiri mengirimkan sinyal radar ke cairan di dalam tangki dan menerima pantulan sinyal itu. Pemancar kemudian akan secara akurat menghitung tingkat pengisian tangki saat ini berdasarkan berapa lama waktu yang dibutuhkan sinyal yang ditransmisikan untuk kembali.

Ultrasonic Level Transmitter

Pemancar tingkat ultrasonik, yang bertindak dengan cara yang mirip dengan pemancar tingkat pengisian radar non-kontak. Dengan pemancar ini, transduser ultrasonik yang dipasang ke atau di dekat bagian atas wadah mengirimkan pulsa ultrasonik. Ketika pulsa menyentuh permukaan cairan, itu dipantulkan, dan sensor menghitung tingkat pengisian berdasarkan waktu antara pulsa dan sinyal kembali.

Guided Microwave Level Transmitters

Guided Microwave Level Transmitters, Pemancar level jenis ini bekerja dengan mengirimkan gelombang mikro atau pulsa elektromagnetik melalui batang/kabel sensor. Ketika sinyal menyentuh permukaan cairan, ia bergerak kembali ke batang sensor dan kembali ke rumah pemancar. Elektronik diintegrasikan ke dalam rumah pemancar, yang menentukan tingkat pengisian dari waktu yang dibutuhkan sinyal untuk melewati batang sensor dan kembali lagi. Nilai tersebut kemudian ditampilkan di layar pemancar. Jenis pemancar level ini cocok untuk cairan, dan digunakan dalam aplikasi industri di semua bidang teknologi proses.

Baca Selengkapnya : Differential Pressure Flow Meter : Pengertian, Cara Kerja, dan Aplikasi

Magnetic Level Transmitters

Pemancar Level Magnetik, gunakan benda magnetik kecil yang digantung di pelampung apung. Ini biasanya di dalam kolom bantu yang sempit, untuk membatasi gerakan lateral pelampung. Sementara pelampung duduk di atas cairan, perangkat magnetik yang berbeda mengukur pergerakan pelampung. Ini memungkinkan tingkat pengisian yang akurat dan konsisten untuk ditransmisikan. Metode ini berguna untuk pengukuran kontinu, karena kecenderungan pelampung untuk naik atau turun selaras dengan ketinggian cairan.

Capacitance Level Transmitters

Pemancar Tingkat Kapasitansi, ambil namanya dari kapasitor. Dengan kata lain, elemen rangkaian listrik yang menyimpan energi sementara untuk digunakan rangkaian. Kapasitor menyimpan energi antara dua elektroda terisolasi. Sebuah media non-konduktif ditempatkan di antara dua elektroda untuk membantu menyimpan muatan listrik. Semakin banyak dielektrik medium, semakin banyak energi yang dapat disimpan. Jadi pemancar tingkat kapasitansi karena itu menggunakan cairan dalam tangki sebagai media dielektrik antara dua atau lebih elektroda.

Hydrostatic Level Transmitters

Pemancar Tingkat Hidrostatik, juga dikenal sebagai pemancar tingkat tekanan, pada dasarnya menentukan isi cairan wadah dengan mengukur tekanan tubuh cairan yang beristirahat di dalamnya. Semakin besar gaya cairan, semakin besar volume cairan di dalam wadah. Ini adalah salah satu jenis perangkat pendeteksi tingkat pengisian yang paling umum. Sangat penting bahwa kerapatan cairan tetap konstan untuk memastikan pengukuran yang akurat. Saat gravitasi cairan meningkat, tekanan per inci kubik yang diberikan pada pemancar juga meningkat.

Baca Juga : Capacitance Level Switch : Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya

Demikian Artikel tentang “Float Level Transmitter” semoga dapat menjawab semua pertanyaan pembaca,terkait artikel ini dan semoga menambah wawasan para pembacanya juga, semoga bermanfaat.

Share
%d bloggers like this: