Level Transmitter : Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

Level Transmitter : Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

Level Transmitter (Level Meter) merupakan persyaratan penting dalam industri yang menggunakan berbagai jenis cairan untuk berfungsi. Kenaikan atau penurunan kadar suatu cairan dapat mengubah hasil proses akhir, atau dapat juga berdampak buruk pada manusia dan lingkungan sekitar. Untuk menghindari hal ini, pengguna industri mengandalkan berbagai jenis perangkat penginderaan level seperti sakelar level dan pemancar level.

Perangkat ini membantu pengguna mengukur tingkat cairan secara akurat dan menghindari insiden yang tidak diinginkan. Meskipun perangkat yang disebutkan di atas dirancang untuk mengukur tingkat cairan dalam berbagai aplikasi, mereka berbeda dalam hal operasinya.

Pengertian Level Transmitter

Level Transmitter  adalah instrumen yang menyediakan pengukuran level kontinu. Hal ini dapat digunakan untuk menentukan tingkat cair atau curah-padat pada waktu tertentu. Tingkat media seperti air, cairan kental, dan bahan bakar, atau media kering seperti padatan dan bubuk curah dapat diukur menggunakan pemancar.

Pemancar pengukuran level digunakan dalam berbagai aplikasi yang memerlukan pengukuran level di dalam wadah atau tangki. Pemancar ini sering menemukan aplikasinya dalam penanganan material, makanan dan minuman, listrik, kimia, dan industri pengolahan air.

Jenis Level Transmitter

Level Transmitter terdiri dari tujuh jenis. Setiap jenis pemancar bekerja dengan cara yang berbeda, dan membuatnya berguna untuk berbagai jenis proses.

Capacitance Level Transmitters

Pemancar ini menggunakan cairan yang disimpan dalam tangki atau wadah sebagai media dielektrik antara dua atau lebih elektroda. Kapasitas energi dari rangkaian kapasitor meningkat ketika ada lebih banyak cairan, dan berkurang jika ada lebih sedikit cairan. Dengan mengukur variasi nilai kapasitansi, pemancar level kapasitansi dapat menghitung level pengisian tangki atau wadah saat ini.

Hydrostatic Level Transmitters

Juga dikenal sebagai pemancar tingkat tekanan, pemancar ini membantu dalam menentukan isi cairan wadah dengan mengukur tekanan tubuh istirahat cairan di dalamnya. Semakin besar gaya cair, semakin besar volume cairan.

Magnetic Level Transmitters

Pemancar ini menggunakan benda magnetik, yang digantung di pelampung apung. Ini biasanya di kolom bantu yang sempit, untuk membatasi gerakan lateral pelampung. Saat pelampung berada di atas cairan, pergerakan pelampung diukur dengan perangkat magnet yang berbeda. Ini memungkinkan tingkat pengisian yang tepat dan stabil untuk ditransmisikan. Metode ini cocok untuk pengukuran kontinu karena kecenderungan pelampung untuk naik atau turun berdasarkan ketinggian cairan.

Radar Fill Level Transmitters

Pemancar ini bekerja berdasarkan prinsip radar dengan menggunakan emisi gelombang radio. Pemancar ini biasanya dipasang di bagian atas tangki berisi cairan. Pemancar mengirimkan sinyal radar ke dalam cairan, dan menerima pantulan sinyal. Pemancar kemudian menganalisis tingkat pengisian tangki saat ini berdasarkan waktu yang dibutuhkan oleh sinyal yang ditransmisikan untuk kembali.

Ultrasonic Level Transmitter

Dalam jenis pemancar ini, transduser ultrasonik dipasang di, atau di dekat bagian atas wadah berisi cairan. Transduser mengirimkan pulsa ultrasonik. Pulsa menyentuh permukaan cairan, dan dipantulkan. Sensor kemudian menghitung tingkat pengisian berdasarkan waktu antara sinyal yang dikirim dan diterima.

Guided Microwave Level Transmitters

Pemancar ini bekerja dengan mengirimkan pulsa gelombang mikro melalui kabel atau batang sensor. Sinyal menyentuh permukaan cairan, dan bergerak kembali ke sensor, dan kemudian ke rumah pemancar. Elektronik yang terintegrasi dalam rumah pemancar menentukan tingkat pengisian berdasarkan waktu yang dibutuhkan oleh sinyal untuk berjalan ke bawah sensor dan kembali lagi. Jenis pemancar level ini digunakan dalam aplikasi industri di semua bidang teknologi proses.

Liquid Level Transmitters

Pemancar ini dirancang untuk mendeteksi tingkat cairan. Pemancar level cairan juga digunakan untuk mendeteksi antarmuka antara dua cairan yang berbeda seperti minyak dan air. Pemancar level cairan terutama digunakan untuk penginderaan level cairan di tangki penyimpanan, tangki transportasi, serta tangki penyimpanan air. Pemancar tekanan ini mengukur level dengan mengukur tekanan kepala cairan.

In a number of industrial applications, one of the important elements of process control is to know how much gas or liquid is present in a given container. One needs to ensure the fill levels of a given substance do not overfill. Thus, level measurement transmitters play an important role in monitoring the fill levels of containers, vessels, or tanks.

Baca Juga : Level Gauge : Pengertian, Prinsip Kerja, dan Jenisnya

Prinsip Kerja Level Transmitter

Prinsip kerja pemancar level yang disebutkan di atas bervariasi sesuai dengan prinsip dasarnya. Misalnya, pemancar level kapasitansi beroperasi melalui kapasitor, pemancar level hidrostatik bergantung pada tekanan cairan dalam wadah penyimpanan untuk pengukuran level, sementara pemancar level ultrasonik mengubah jarak yang ditempuh oleh gelombang ultrasonik untuk menentukan level, dan seterusnya.

Ultrasonic Level Transmitter
Ultrasonic Level Transmitter

Namun, semua pemancar level ini mengukur level dengan salah satu dari tiga cara berikut:

  • Berat cairan
  • Kepala tekanan fluida
  • Posisi fluida dalam wadah

Jika Anda melihat lebih dekat, semua pemancar tekanan yang tercakup dalam posting ini memperhitungkan salah satu dari tiga faktor untuk memberikan pengukuran yang tepat. Pengukuran level diklasifikasikan menjadi dua jenis – pengukuran level langsung dan tidak langsung atau dilakukan oleh pemancar kontak atau non-kontak.

Baca Juga : Radar Level Sensor

Pengukuran level langsung dianggap ideal untuk perubahan level kecil, yang diamati di berbagai tangki industri. Namun, sebagian besar pemancar level dirancang untuk pengukuran level tidak langsung karena sensitif dan dirancang untuk pengukuran level terlalu tinggi atau terlalu rendah, di mana pengukuran langsung menjadi sulit. Pemancar tingkat ultrasonik dapat tersedia dalam konfigurasi kontak atau non-kontak.

Share
%d bloggers like this: