Jenis Kalibrasi Pada Flow Meter

Jenis Kalibrasi Pada Flow Meter

Jenis Kalibrasi flow meter memiliki 2 macam yaitu, kalibrasi kering dan basah, sebelum kita membahas lebih dalam mari kita pahami dahulu arti dari Kalibrasi yang merupakan prosedur untuk menjaga keakuratan suatu alat. Nilai ukur dari suatu instrumen dibandingkan dengan nilai yang diketahui atau lebih disukai dengan standar.

Penyimpangan besaran terukur dari nilai standar diminimalkan melalui proses kalibrasi. Kalibrasi yang akurat akan mengajarkan instrumen untuk menghasilkan hasil yang akurat dengan sampel yang tidak diketahui. Sebenarnya, tujuan dari semua instrumen adalah untuk mengukur sampel yang tidak diketahui secara akurat selama penggunaan normal.

Prosedur dan Cara Installasi Water Flow Meter Electromagnetic
Water Flow Meter Electromagnetic

Ada dua macam pengukuran, yang pertama adalah pengukuran langsung dan yang lainnya adalah pengukuran tidak langsung. Beberapa besaran fisika dan kimia tidak dapat diukur secara langsung, dan ini harus diukur secara tidak langsung. Seperti aliran yang tidak pernah dapat diukur secara langsung, ia selalu diukur secara tidak langsung. Differential Pressure Transmitter mengukur kuantitas fisik secara tidak langsung dan kemudian menyimpulkan hasilnya untuk mengetahui kuantitas fisik yang sebenarnya.

Differential Pressure Transmitter digunakan untuk mengukur Aliran, Densitas, Viskositas dan Level cairan dan lainnya. Bagaimana satu instrumen tunggal akan digunakan untuk mengukur begitu banyak besaran fisika yang berbeda? Dalam semua kasus ini, Differential Pressure Transmitter akan mengukur tekanan diferensial dalam beberapa bentuk atau lainnya dan kemudian hasilnya diinterpolasi untuk mendapatkan kuantitas fisik yang diinginkan. Ini berarti, Differential Pressure Transmitter harus dikalibrasi secara berbeda untuk mengukur kuantitas fisik tertentu.

Mengatur Ulang Pemancar Tekanan Diferensial

Pemancar Tekanan Diferensial adalah pemancar 2-kawat. Ini adalah perangkat bertenaga loop dengan protokol loop arus 4-20mA sebagai standar. Kisaran bawah adalah 4mA, dan kisaran atas adalah 20mA. Perbedaan antara rentang bawah dan rentang atas disebut rentang pemancar. Persyaratan rentang rentang tekanan aplikasi harus disesuaikan dengan rentang pemancar. Pembacaan pemancar paling akurat ketika menggunakan sebagian besar rentangnya selama pengukuran. Mari kita jelaskan fenomena ini dengan sebuah contoh.

Contoh :

Katakanlah, titik 4 dan 20mA dari Pemancar DP diatur ke 0 dan 100H2O sebagai kalibrasi asli (Silakan lihat Gambar-1). Dalam hal ini, rentangnya adalah 100 10 =90H2O. Sekarang ada beberapa perubahan dalam proses dan tekanan proses membutuhkan minimal 50 H2O. Dalam hal ini, minimum- 0mA adalah Re-range ke 50 H2O. Setelah pengaturan ulang ini selesai, Span juga akan berubah menjadi 50 H2O. dapa disimpulkan, bahwa kita Perlu Pengaturan Ulang dan Kalibrasi Flow Meter Secara Berkala.

Mengatur Ulang Pemancar Tekanan Diferensial
Mengatur Ulang Pemancar Tekanan Diferensial

Jenis Kalibrasi Kering Differential Pressure Transmitter

Jenis Kalibrasi Kering atau Kalibrasi Kaki Kering dari Pemancar Tekanan Diferensial dilakukan dalam tangki tertutup dan bertekanan. Ini adalah metode yang umum dan salah satu yang paling mudah dilakukan. Metode ini hampir mirip dengan kalibrasi level tangki terbuka. Dalam tangki tertutup, titik paling bawah adalah HP atau titik Tekanan Tinggi, dan titik paling atas adalah LP atau Titik Tekanan Rendah.

Pemancar dipasang di dekat HP atau posisi paling bawah, dan saluran masuk HP pemancar terhubung ke posisi paling bawah bejana melalui katup Isolasi. Saluran masuk LP pemancar terhubung melalui pipa ke titik paling atas. Hal ini ditunjukkan pada Gambar-2.

Kalibrasi Kering Differential Pressure Transmitter
Kalibrasi Kering Differential Pressure Transmitter

Proses kalibrasinya mudah. Buat kedua tekanan inlet pada HP & LP sama dengan tekanan atmosfer dengan membuka kedua katup V1 & V2. Kalibrasi 0mA (Bentang minimum) selesai. Sekarang, tutup V1 & V2, buka katup isolasi. Saluran masuk HP dikenai rentang maksimum dan mengkalibrasi pemancar ke 20mA. Sekarang, buka katup kaki referensi kering, sisi LP akan dikenakan rentang minimum. Atur ulang pemancar. Metode kalibrasi kering selesai.

Jenis Kalibrasi Basah Pemancar Tekanan Diferensial

Jenis Kalibrasi kering hanya berlaku jika cairan di dalam tangki berada pada suhu sekitar. Ketika cairan panas atau jauh lebih dingin dari suhu lingkungan, uap cairan atau kondensat akan mengisi kaki kering. Dalam kondisi ini, kalibrasi kering tidak berlaku. Dalam situasi seperti itu, metode kalibrasi basah harus diadopsi.

LP Leg dari set-up pemancar Differential Pressure harus diisi dengan beberapa larutan buffer. Larutan penyangga yang biasanya digunakan dalam industri adalah solar, glikol, gliserin atau cairan yang sama dari tangki. Sekarang, Anda harus mengikuti proses kalibrasi kaki kering, dan menyusun ulang untuk menyelesaikan proses kalibrasi kaki basah.

Kalibrasi Basah Pemancar Tekanan Diferensial
Kalibrasi Basah Pemancar Tekanan Diferensial

Kami dapat menyimpulkan bahwa metode kalibrasi pengaturan ulang diperlukan untuk semua jenis aplikasi Differential Pressure Transmitter. Kalibrasi kaki kering hanya digunakan untuk pengukuran ketinggian dalam tangki tertutup dengan cairan pada suhu sekitar. Metode kalibrasi kaki basah diperlukan untuk pengukuran level dalam tangki tertutup dengan cairan panas dan sangat dingin.

Share
%d bloggers like this: