Magnetic Water Flow Meter

Magnetic Water Flow Meter

Electromagnetic flow Sensor

Sensor electromagnetic water flow meter dipasang pada posisi tertentu guna mengukur aliran cairan tanpa adanya bagian mekanik yang bergerak sehingga cukup aman terhadap cairan yang mungkin sesekali mengandung kotoran, mengandung asam atau sifat korosive.

Dalam Hal akurasi Electromagnetic water Flow Meter mempunyai akurasi yang cukup tinggi pada range pegukuran yang cukup luas. Karena tidak adanya contact langsung dengan komponen mekanik maka dipastikan pressure dropp krena alat ini bisa diabaikan. Electromagnetic water flow meter bisa dikatakan bebas maintenance.

Electromagnetic water Flow Meter digunakan untuk mengukur aliran cairan yang mempunyai konduktivitas minimal 5µS/cm namun ada juga yang mensyaratkan minimal konduktivias 20µS/cm.

Ada beberapa bagian penting dalam memilih dan menentukan spech electromagnetic flow meter untuk bahan linner bisa menggunkan Rubber, PTFE, PU atau yang lain. Sedangkan untuk jenis matrial electrode bisa digunakan SUS316L, Platinum, Titanium, Hastelloy-C. Untuk Matrial Flange dan body cover bisa digunakan satinless steel atau carbon steel.

Seametrics iMAG 4700 Series
Seametrics iMAG 4700 Series

Ukuran dari Electromagnetic flow meters tersedia dari 2″ hingga 30 inch. Sedangkan untuk jenis connection dari electromagneticflow meter ada yang menggunakan drat, flange ( JIS, ANSI atau DIN), Clamp fitting dan buffer. Untuk penempilan luar pada sensor baik itu bahan untuk flange, body dan cover kumparan magnetic ada yang menggunakan carbon steel, stainless steel dan ada juga yang menggunakan non metal sepert PP dan PVC semua pemilihan jenis bahan flow meters ini ditentukan oleh kondisi liquid, area installasi, dan lainnya yang disyaratkan.

Jenis dan jarak installasi

Disamping hal diatas posisi installasi flow meter juga perlu di perhatikan dan biasanya mengikuti petunjuk cara instalasi yang telah di berikan oleh manfacture guna menghindari terjadinya back pressure maupun terjadinya bubble atau terjebaknya udara di dalam flow meter. Karena itu cara installasi flow meter pada pipa yang sudah ada perlu disiasati guna memenuhi prinsip kerja, prinsip installasi dan juga mempertimbangkan installasi pipa yang ada agar biaya installasi tidak terlalu mahal.

Magnetic flow meter ini mempunyai dua bentuk instalasi yaitu jenis installasi in line yang instalasinya dengan melkukan pemotongan pipa dan koneksinya bisa menggunakan flange atau ulir atau waver. Sedangkan bentuk kedua yaitu insertion magnetic flow meter yang cara instalasinya dengan melubangi pipa dan dipasang fitting baik sadle fitting maupun welded fitting kemudian baru sensor magnetic flowmeter di masukan kedalamnya.

Insertion water flow meter
flow meter electromagnetic insertion

Cara kerja dari dua type flowmeter magnetic ini sama yaitu mengandalkan induksi listrik sebagai hasil dari adanya tegangan arus sebagai mana hukum faraday. Namun demikian karena prinsip kerjanya berdasarkan induksi listrik maka flow meter magnetic akan bisa bekerja dengan baik jika aliran air di dalam flow meter ini mempunyai konduktivitas yang biasanya diatas 20 micro siemens. Karena itu magnetic flow meter tidak bisa dipake untuk membaca aliran fluida hidro carbon atau air demin yang tidak mempunyai konduktivitas atau konduktvitasnya kecil banget.

Baca Juga :

Saat melakukan Installasi flowmeter magnetic harus di pertimbangkan karakteristik aliran dalam pipa pada lokasi flowmeter. Tujuan dari ini adalah diharapkan aliran air didalam flow meter merupakan aliran laminer dan tidak ada back pressure maupun adanya aliran turbulen.Oleh sebab itu dibutuhkan Jarak pemasangan yang memadai, berdasarkan kondisi instalasi pipa yang dinamakan jarak up stream dan down stream. Berikut ini acuan dasar dan umum  up stream dan down stream sebagai aturan jarak pemasangan flow meter magnetic.

Instalasi electromagnetic flow meter
Instalasi Flow meter electromagnetic

Namun demikian setiap manufature flow meter magnetic mempunyai aturan masing-masing karena itu sebelum melakukan instalasi sebaiknya baca petunjuk instalasinya dengan seksama, agar kita bisa mendapatkan performa flowmeter magnetic sesuai dengan harapan kita.

Spesifikasi dari electromagnetic flow meter dapat di rangkum sebagai berikut :

General Speech

Accuracy ± 0.5%  ± 0.5%
Repeatability ± 0.2%  ± 0.2%
Humidity 5 to 95% 5 to 95%
Material – Electrode 316 Stainless Steel, Titanium, Tantalum, Hastelloy alloy, Platinum
Liner Rubber, PTFE
Housing Carbon Steel, 316 Stainless Steel
Temperature – PTFE 150oC (Option-180oC)
                        Rubber 80oC
Pressure  10Mpa (Option-1.6, 2.5, 4.0Mpa)
Analog Output  4-20mA, 500 ohms Max. Load
Output Frequency Scaled Pulse Output (Open Collector), Max. KHz
Power Supply  AC220V or DC24V
Communications RS232, RS485, MODBUS, HART
Explosion Explosion ExdIIBT4-T6
Protection  IP65 (Option: IP68)
Connection Flange (DIN, JIS/KS, ANSI)
Share