Flow meter Air Limbah WMAG30 10 Inch High Grade

Flowmeter Air Limbah

Flow Meter air Limbah adalah flow meter yang digunakan untuk mengetahui dan mengukur besarnya Aliran air limbah yang akan, sedang dan hasil proses pengolahan, Flowmeter air limbah banyak di gunakan di industri guna membantu mengetahui jumlah air limbah yang diproses sehubungan besarnya biaya proses pengolahan.

Flow Meter Air limbah diindustri biasanya digunakan untuk mengetahui Kapasitas dan jumlah air limbah yang dihasilkan oleh proses produksi atau karena aktifitas lain dari industri. Sedangkan untuk proses pengolahan Air Limbah, flowmeter air limbah biasanya digunakan untuk mengetahui jumlah air limbah yang akan diproses, besaran komponen proses pengolahan dan beasran jumlah limbah yang dihasilkan serta total air hasil proses sebelum di buang ke sungai.

Untuk mengetahui jumlah total volume air limbah, membantu mengontrol proses serta mengetahui hasil proses pengolhan air limbah, biasanya flowmeter dipasang pada saluran masuk dan keluarnya limbah dan menuju pembuangan terakhir. Pemasangan Jenis flowmeter air limbah haruslah sesuai dengan sifat dari limbah itu sendiri, sebgai acuan jenis material flowmeter yang digunakan.

Parameter Flowmeter Air Limbah

Untuk Memilih jenis flowmeter air limbah,  hendaknya gunakan jenis flow meter yang tidak mempunyai komponen berputar khususnya komponen yang kontak langsung dengan media limbah. Hal ini untuk menekani biaya proses, biaya maintenace dan akurasi hasil pengukuran serta guna menjaga dan meningkatkan life time flowmeter limbah itu sendiri.

Flow meter yang paling banyak digunakan untuk air limbah dan sangat terkenal adalah jenis Flow meter Electromagnetic. Flow meter electromagnetic hanya bisa di operasikan pada jenis cairan yang mempunyai konduktivitas yang memadai.

Ada bebarapa hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan jenis flowmeter air limbah yang digunakan, yaitu :

  • Karakteristik dari air Limbah yang akan di proses
  • Temperatur air limbah
  • Maksimal dan minimal Pressure Proses guna mengetahui kecepatan aliran
  • Tingkat korosif dan abrasive air lombah
  • Viskositas dan Kehomogenan air limbah
  • Tingkat kekotoran atau banyaknya komponen solid dalam air limbah
  • Kandungan yang terdapat dalam air limbah
  • Besarnya atau kapasitas flow rate yang di proses
  • Posisi instalasi ( out door, In door,)
  • Kondisi lingkungan sekitar titik dimana flowmeter harus di instal
  • Tingkat keamanan alat flow meter terhadap ledakan, kebakaran atau terendamnya flow meter karena hujan atau banjir.
  • Keberadaan Power supply yang tersedia
  • Fungsi dan cara kontrol dari flow meter air limbah

Pemilihan jenis flowmeter limbah yang kurang tepat akan menyebabkan :

  • Flow meter sering macet dan eror
  • Akurasi yang tidak sesuai dengan yang disyaratkan
  • Biaya maintenance mahal
  • Biaya Investasi yang mahal ( biaya Instalasi, harga flow meter )
  • Terganggunya proses produksi karena instalasi yang lama
  • Life time flowmeter pendek

Flow Meter Electromagnetic Flowmag WMAG30

Flow meter Electromagnetic WMAG30 merupakan jenis flow meter yang prinsip kerjanya menggunakan hukum faraday. Prinsip dari hukum faraday adalah bila suatu fluida konduktif elektrik melewati pipa transduser , maka fluida akan bekerja sebagai konduktor yang bergerak. Gerakan ini memotong medan magnet yang dibangkitkan oleh kumparan magnetik dan transduser, sehingga timbul tegangan listrik induksi .

Flow meter air limbah Electromagnetic WMAG30 merupakan jenis flow meter yang tidak mempunyai bagian yang bergerak (moving part). Magnetic flow meter ini sangat ideal jika digunakan untuk pengukuran aliran fluida yang tidak homogen, cairan yang kotor, cairan yang mengandung lumpur atau untuk cairan limbah ataupun air intake, air bahan baku, air dari waduk atau sungai yang banyak mengandung kotoran atau sampah ( plastik, rumput atayupun lainnya), sehinga cukup cocok digunakan untuk flow meter limbah.

Secara umum magnetic flowmeter wmag30 tidak berfungsi pada fluida hidrokarbon dan air suling (distilled water / demin water). Namun, ideal untuk mengukur aliran cairan seperti slurry dan material korosif.seperti pada proses chemical ataupun minuman maupun cairan air yang kental seperti kecap, sauce, syrup dan lainnya. Juga cocok  Jika  digunakan pada sistem aliran yang mensyaratkan tidak boleh ada pressure  drop.

Prinsip kerja Electromagnetic flow meter jenis ini didasarkan pada hukum induksi elektromagnetik (Faraday’s Law), yaitu bila suatu fluida konduktif elektrik melewati pipa sensor elecromagnetic, maka fluida akan bekerja sebagai  konduktor yang bergerak memotong  medan magnet yang dibangkitkan oleh kumparan magnetic dari sensor / transducer, sehingga timbul tegangan listrik induksi.

 

Flow Meter Electromagnetic Flowma WMAG30
Flow Meter Electromagnetic Flowma WMAG30

Model Flow meter Electromagnetic WMAG30 menggunakan sensor eleketroda yang dipasang pada sisi dalam dari tabung sensor. Posisi ini membuat flow meter magnetic cukup aman untuk di gunakan pada air yang kotor ataupun air limbah yang kental. Magnetic flow meter hanya bisa di gunakan pada cairan air yang mempunyai konduktifitas tertentu. Dimana rata-rata flow meter electromagnetic akan bagus kerjanya jika di gunakan untuk air yang mempunyai konduktifitas diatas 20 micro siemens.

Flow meter magnetic flowmag wmag30 cocok digunakan untuk air yang mempunyai konduktivitas dan juga cocok untuk cairan abrasive dan korosif. Flowmag wmag30 dapat di gunakan untuk air sungai, air sumur, air laut, air libmah hingga air lumpur. Untuk jenis material liner teflon dan stainless steel,  wmag30 bisa digunakan untuk air minuman sperti susu, air gula, syrup, dll.

Sensor electroda dari Flow meter magnetic WMAG30 mempunyai kepekaan yang tinggi dan sensitif terhadap kecepatan aliran air. Kepekaan sensor ini mampu membaca aliran air yang sangan lambat yaitu 0.01 m/s.

Dengan kemampuan sensor electrode seperti itu maka flowmag wmag30 iukup bagus jika diaplikasikan pada aliran low flow velocity.Aliran low velocity ini dalam pipa biasanya aliran terjadi bukan karena dorongan pompa tapi hanya mengandalkan perbedaan ketinggian atau gravitasi.

Akurasi Flowmeter WMAG30

Flowmag WMAG30 magnetic flow meter mempunyai acurasi cukup baik yaitu 0.5% dengan size pipa dari DN10 hingga DN 1800. Namun demikian untuk ukuran besar atau kapasitas aliran yang besar sebaiknya menggunakan yang tipe insertion. Untuk koneksinya bisa menggunakan PN, ANSI dan JIS begitu juga class bisa hingga class ANSI900.

Saat membutuhkan spesifikasi yang custom pada jenis material yang disesuaiakan dengan aplikasi flowmag wmag30 juga memiliki range yang memadai. Untuk jenis material yang disedikan oleh flow meter electromagnetic wamag30 ada beberapa pilihan material.

Untuk material flange dan coil electrode cover tesedia carbon steeal, stainless steel  304 hingga sus316. Jenis flow meter magnetic type WMAG30 memiliki unit pengukuran yang  bisa distetting ke liters, meters cubic, gallons maupun lainya. Yang cukup menarik flow meter ini mempunyai converter yang dilengkapi dengan diplay yang cukup lebar dengan 4 baris. Sehingga kita bisa langsung melihat tampilan bacaan berupaflow rate, velocity dan totalicer serta status flow meternya.

Aplikasi Flowmeter WMAG30

Flowmeter Electromagnetic WMAG30 dapat di gunakan diberbagai industri dan proses seperti ::

  • Tanaman Air dan Limbah
  • Industri Kimia dan Farmasi
  • Industri makanan dan minuman
  • Penambangan, semen dan mineral mate
  • Industri pulp dan kertas, Industri energi
  • Industri baja, Utilitas Umum

Komponen Magnetic Flow meter flowmag wmag30

Flowmwter Electromagnetic Flowmag wmag30 mempunyai 2 bagian utama yaitu electromagnetic flow sensor dan electromagnetic flow transmitter atau disebut dengan Converter. MAsing masing bagian mempunyai caractristik dan fungsi tersendiri .

Electromagnetic Flow Sensor

Untuk Magnetic flow sensor terdapat komponan berupa flow tube, electrode, coil cover dan connection baik berupa flange maupun ulir. Flow sensor electromagnetic wmag30 mempunyai fungsi untuk menangkap aliran yang mempunyai conduktivity dengan menggunakan sepasang electroda dan mengirimkan sinyal ke converter yang akan di olah sesuai dengan hukum faraday.

Pemilihan jenis material dari magnetic flow sensor harus di sesuiakan dengan spesifikasi cairan dan koneksi installasi. Untuk bahan electrode bisa menggunakan yang paling standart yaitu SUS316L, Titanium, hast alloy, tantalum, platinum dan lainya. Jenis material electrode ini sangat penting karena kesalahan pemilihan jenis material electrode berakibat live time flow meter menjadi pendek.

Flowmeter electromagnetic Flowma Wmag30 electromagnetic flow sensor mempunyai 2 jenis instalasi yaitu

  • Inline Electromagnetic Flow Sensor
    • Distem instalasinya dilakukan dengan memotong pipa sedangkan connection ada beberapa jenis yaitu dengan flange, ulir, wafer dan sanitary tri clamp
  • Insertion Electromagnetic Flow Sensor
    • Sistem instalasinya dilakukan dengan melubangi pipa. sedangkan connection dengan cara memasang fitting baik dengan fitting saddle maupun welding dan sensor dimasukan kedalam pipa melewati fitting tersebut.Jenis instalasi ini cocok digunakan untuk pipa dengan ukuran diameter besar.

Electromagnetic Flowmeter wmag 30 mempunyai spesifikasi material linner menggunakan Poly Urethane dan electrode titanium, sehingga cukup bagus untuk cairan limbah yang abrasive dan korosif.

In Line Model Magnetic flow meters

Electromagnetic flowmeter wamag30 jenis In Line ini dasarnya adalah meletakan sensor atau tranducer yang mempunyai kemampuan menimbulkan medan magnet yang berupa electrode. Yang diperkuat dengan kumparan (coil electric ) disekeliling pipa dengan pemasangan electrode letaknya berseberangan disisi kanan dan kiri dari body pipa.

Flowmeter electromagnetic flowmag wmag30 ini mempunyai tingkat akurasi yang cukup bagus dan bisa hingga 0.2% untuk model tertentu. Dinamakan inline flow meter karena cara installasinya dilakukan dengan cara memotong pipa yang dilanjutkan dengan memasang flange atau ulir. Ada Juga setelah pipa dipotong flowmeter langsung dilas  ke pipa atu di clamp atau dijepit seperti gambar dibawah ini.

Insertion Model Magnetic Flow Meter

Electromagnetic Flow Meter  wmag30 Jenis Insertion dilakukan dengan cara menyisipkan (Insertion) coil electric kedalam pipa yang akan diukur flow rate nya  dengan memasang electrode di ujungnya. Jenis ini dinamakan insertion karena cara installasinya dengan melubangi pipa kemudian di pasang fittting baik dengan jenis welding fitting maupun saddle fitting yang kemufian magnetic sensor dimasukan dalam fitting tersebut.

Jenis Insertion electromagnetic flow meter wmag30  ini cocok jika digunakan untuk ukuran pipa yang menengah keatas. Mengenai harga dari insertion electromagnetic flow meter ini akan lebih rendah jika diaplikasikan pada pipa dengan ukuran besar.

Tujuan dari pemasangan jenis insertion ini biasanya untuk mempersingkat waktu installasi dan biaya installasinya bisa lebih murah dibandingkan yang jenis inline khususnya untuk jenis pipa dengan ukuran besar diatas 10 inchi.

Cara kerja dari dua type flowmeter magnetic wmag30 ini sama yaitu mengandalkan induksi listrik sebagai hasil dari adanya tegangan arus sebagai mana hukum faraday. Namun demikian karena prinsip kerjanya berdasarkan induksi listrik maka flow meter magnetic akan bisa bekerja dengan baik jika aliran air di dalam flow meter ini mempunyai konduktivitas yang biasanya diatas 20 micro siemens. Karena itu magnetic flow meter tidak bisa dipake untuk membaca aliran fluida hidro carbon atau air demin yang tidak mempunyai konduktivitas atau konduktvitasnya kecil banget.

Electromagnetic flow Transmitter atau Converter

Ada 2 jenis flow converter untuk electromagnetic water meter yaitu jenis  compact atau integral. dimana cara insatlasinya converter menyatu dengan sensor. Untuk jenis ke 2 yaitu jenis split atau remote dimana cara instalasinya terpisah dengan electromagnetic sensor. Untuk menghubungkan converter dengan magnetic sensor di butuhkan cable yang panjangnya disesuaikan kebutuhan.

Untuk Power supply Converter Magnetic flow meter wmag30 memberikan jenis dual power suply  seperti 220 VAC dan 24 VDC . Namun untuk Power battrey juga tersedia dengan life time battry hingga 4 th jika di lokasi pemasangan tidak ada listrik atau bisa juga diconnect dengan sel surya.

Fitur Flowmag WMAG30

  • Tidak ada Komponen sensor yang bergerak sehingga cocok untuk air limbah maupun air kotor
  • Flow meter flowmag  wmag30 mempunyai akurasi cukup baik yaitu 0.5%
  • Tersedia bebagai jenis size pipa dari DN10 hingga DN 1800
  • Terssedia jenis instalasi Insertion
  • Koneksi bisa berupa Flange, Ulir dan wafer
  • Tersedia jenis compact dan remote atau split dengan panjang Kabel bisa hingga 100 m
  • Bisa di pesan dengan menggunakan PN, ANSI dan JIS begitu juga class bisa hingga class ANSI900.
  • Material Liner dan elektroda bisa di custom bahkan untuk airan yang abrasif, korosif hingga jenis food grade
  • Sistem pembacaan unit bisa langsung di setting pada converter ke satuan liters, meters cubic, gallons maupun lainya
  • Mempunyai ketahanan cukup baik untuk cairan yang korosive dan abrasive seperti pada limbah tambang.

Spesifikasi Flowmag WMAG30 Magnetic Flow Meter

Model Tipe Compact, Tipe Remote
Jangkauan Ukuran DN10 DN2600
Electrode Standart Ti
Option Mo2TI, HC, HB, Pt, Ta, Ti, Jenis Kebisingan Rendah
Liner Standart Polyurethane
Option PTFE, PFA, Neoprene, Hard Rubber ( Conductive rubber : >DN100mm)
Model Elektroda Type Standard, Type Scraper (solid content: DN 50)
Medium Conducting medium (solid content: 5%)
Konduktivitas Listrik 5 s/cm (water 20 s/cm)
Akurasi 0.5%RS. (0.2%RS Untuk special)
Akurasi Pengulangan 0.1%
Flow speed Range 0-12m/s
Suhu Medium Compact 90 C, Remote 180 C
Suhu Sekitar -40 65C
Tekanan Kerja 0.6 MPa 4.0 MPa, (Termasuk Super High Pressure)
Kelas Perlindungan IP65, IP67, (IP68 Remote)
EX md  II BT4
Output 4-20mA, Pulse/Frequency, Switch signal
Daya 85-220V AC; 24V DC
Disconnection Timing Termasuk
Blank Pipe Alarm Termasuk
Communication RS485/Modbus, PROFIBUS DP, HART
Language Display Simple Chinese, English, Others.
Flange Standart GB9115, ANSI, JIS, Others
Baca Juga
Share